#1
TOPSKOR   |   Harian Olahraga Pertama di Indonesia
Persiapan Piala Gubernur Jatim, Arema Mengecewakan dalam Uji Coba, Persebaya Menanti Abduh Lestaluhu
06 February 2020 14:46 WIB
MALANG – Meski hanya pemanasan, Arema FC tidak mau tampil seadanya dalam turnamen pramusim Piala Gubernur Jawa Timur 2020. Apalagi Singo Edan berstatus tuan rumah penyisihan Grup B. Jelang laga perdana Selasa (11/2) malam lawan Sabah FA Malaysia, pelatih Arema, Mario Gomez, terus memperbaiki performa timnya.

Skuat Singo Edan masih terkendala team work atau chemistry. Transisi menyerang-bertahan atau sebaliknya belum berjalan bagus. Itu terlihat ketika Singo Edan kesulitan menghadapi tim promosi Liga 2 2020, Semeru FC Lumajang, dalam uji coba Rabu (5/2) sore di Stadion Kanjuruhan, yang berkesudahan imbang 1-1.

“Ini hanya uji coba, soal skor imbang 1-1 bukan fokus saya. Tentu saya belum puas. Relatif sulit bagi kami melawan Semeru FC yang bermaterikan pemain U-23. Hal ini masih jadi pekerjaan rumah saya, semoga saat lawan Sabah FA tidak menjadi kendala lagi,” kata Gomez, usai laga.


Baca Juga :
- INFOGRAFIS: Klub Liga 1 Harus Merogoh Kocek Dalam-dalam untuk Merekrut Empat Pemain Asing Ini
- Ritual-ritual Khusus Pemain Liga 1 Sebelum Bertanding

Semua gol tercipta pada babak pertama. Dalam laga yang berlangsung 2x50 menit itu, Arema sempat unggul 1-0 menit ke-25 lewat sepakan Muhammad Rafly. Semeru FC yang ditangani pelatih kawakan Rudy William Keltjes menyamakan skor 1-1 menit ke-46.

Padahal, Singo Edan selepas unggul satu gol memainkan lengkap kuartet asingnya. Mereka adalah Matias Daniel Malvino Gomez (Uruguay), Oh In Kyun (Korea Selatan). Jonathan Bauman (Argentina), dan Elias Patricio Alderete (Argentina). Tapi, hasilnya malah kebobolan.

Gomez mencoba formasi 4-3-3 pada 50 menit pertama. Meski kebobolan, sejatinya performa Singo Edan lebih baik ketimbang babak kedua. Pada 50 menit kedua pelatih asal Argentina itu menurunkan full pemain lokal dengan pola 4-1-4-1. Rafly dipasang sebagai striker tunggal. Tapi, babak kedua justru permainan sedikit dikuasai Semeru FC.

Pada Piala Gubernur Jatim mendatang selain dengan Sabah FA, Arema juga akan bersaing dengan Persija Jakarta dan Persela Lamongan di Grup A. Seluruh pertandingan digelar di Stadion Kanjuruhan, 10-13 Februari. 

Di sisi lain, kontestan Piala Gubernur Jatim lainnya, Persebaya Surabaya, dihadapkan dengan jadwal yang padat pada penyisihan Grup A. Tiga pertandingan yang seluruhnya digelar di Stadion Gelora Bangkalan itu harus dilalui dalam lima hari saja.

Jeda istirahat pertandingan ke pertandingan hanya sehari. Pada laga pertama Senin (10/2) Persebaya menghadapi Persik Kediri. Selanjutnya lawan Bhayangkara FC, Rabu (12/2), dan terakhir menjajal tuan rumah Madura United, Jumat (14/2).

Selain itu sebelum terjun ke Piala Gubernur Jatim, Bajul Ijo akan menghadapi Sabah FA dalam laga uji coba Internasional, Sabtu (8/2). Selain uji coba laga tersebut sekaligus jadi ajang launching tim yang sudah berisikan materi 28 pemain.

Kemarin skuat Persebaya kembali menggelar latihan di Stadion Gelora Delta, Sidoarjo dan Kamis ini rencanya libur latihan. "Mungkin latihan terakhir pada 7 Februari sore hari. Itu persiapan tim lawan Sabah FA sekaligus official training," kata asisten pelatih Persebaya Mustaqim usai memimpin latihan tim.

Soal mepetnya jadwal pihaknya tidak bisa menolak. Sebab, jika lebih dipanjangkan lagi khawatir berbenturan dengan Liga 1 yang segera dimulai. "Ini sudah ideal. Sebelum Liga 1 ada jeda waktu libur satu minggu," ujar Cak Taqim, sapaannya.

Terpisah manajer Persebaya Candra Wahyudi masih optimistis timnya akan diperkuat bek Abduh Lestaluhu musim ini. Sebab ia memang sudah tanda tangan kontrak di Persebaya. "Buktinya Abduh juga tidak latihan di sana (Tira Persikabo)," ujar Candra. Abduh juga berstatus prajurit TNI, sehingga harus ada izin dari kesatuan.*M Bahrul Marzuki/Noval Luthfianto


Baca Juga :
- Ketika Jacksen F Tiago Mengenang Gol yang Dicetaknya bersama Persebaya
- Best Eleven Persebaya Sepanjang Masa

 

 

BERITA TERKAIT

news
Nyaman di Harian TopSkor, Mantap di TopSkor.id
Total Komentar 0
Tulis Komentar +
ARTIKEL SEBELUMNYA