#1
TOPSKOR   |   Harian Olahraga Pertama di Indonesia
Robert Asah Skema 3-4-3, Ardi Idrus dan Zalnando Bukan Lagi Bek Kiri Persib
06 February 2020 13:40 WIB
BANDUNG – Pelatih Persib Bandung Robert Rene Alberts mulai bereksperimen. Melihat komposisi Persib musim ini yang diisi beberapa pemain baru dengan fighting spirit tinggi, Robert mencoba untuk merukir beberapa pemainnya dengan menggunakan skema tidak lazim, 3-4-3.

Belakangan skema tersebut sering disimulasikan Robert dalam beberapa sesi latihan. Komposisi tersebut berintikan I Made Wirawan di sektor penjaga gawang. Trio lini pertahanan dipercayakan kepada Victor Igbonefo (bek kanan), Fabiano Beltrame (bek tengah), dan Nick Kuipers (bek kanan)

Lalu, empat pemain tengah ditempati Ardi Idrus, Wander Luiz, Omid Nazari, dan Zalnando. Sedangkan tiga pemain sebagai penyerang diisi Febri Hariyadi, Geoffrey Castillion, dan Esteban Vizcarra. Di antara mereka, dua pemain yakni Ardi dan Zalnando menempati posisi baru.


Baca Juga :
- Kompetisi Berhenti, Fisioterapis Persib Perdalam Ilmu lewat Internet
- INFOGRAFIS: 5 Pemain Persib dengan Sentuhan Terbanyak di Liga 1 2020

Pada musim 2019 lalu keduanya berposisi sebagai bek sayap kiri dan diturunkan secara bergantian oleh Robert. Namun kali ini pelatih 65 tahun itu melihat potensi lain dalam diri kedua pemain itu. Sebagai bek sayap tentu Ardi dan Zalnando memiliki kecepatan.

Kelebihan itulah yang dieksplorasi Robert sehingga mereka bisa melancarkan serangan cepat. Alasan lain Robert menerapkan skema ini karena kualitas pemain yang dimilikinya cocok dengan strateginya. Maka itu, Robert tetap menempatkan Nazari sebagai playmaker dan Luiz akan jadi pusat serangan Persib nantinya.

Apalagi, lini depan sudah diisi Castillion yang semakin menunjukkan kualitasnya usai mencetak dua gol dalam uji coba lawan Melaka United belum lama ini. Dalam simulasi Rabu (5/2) pagi di GBLA, setiap menerima assist dari Febri dan Vizcarra selalu diselesaikan dengan baik oleh Castillion dan melahirkan gol.

“Untuk program sebelum masuk kompetisi, kami akan terus matangkan skema dan kekompakan. Kami sudah lumayan lengkap untuk sektor pemain. Dari inti, cadangan, dan pelapis terpenuhi, tinggal mematangkannya,” ujar Robert usai memimpin latihan.

Dengan skema itu Robert menginginkan tiga bek tangguh lini pertahanan yang diisi pemain berpengalaman macam Igbonefo, Beltrame dan Kuipers. Kombinasi mereka akan sulit ditembus lawan apabila koordinasi antarpemain di lapangan terjalin baik.

Sementara, sektor sayap yang lebih muda dan bertenaga macam Ardi dan Zalnando, berfungsi untuk bertahan sekaligus menyerang. Ditambah striker sekelas Castillion, skema ini berpotensi lebih banyak menyerap gol.

“Ini formasi mengerikan. Kalau begini, Persib bisa lebih bagus daripada musim sebelumnya. Asalkan pemain mengerti yang diinginkan pelatih,” kata Denny Susanto, pengamat sepak bola Bandung..


Baca Juga :
- Lupakan Laga melawan Persita, Persib Terus Pantau Perkembangan Kondisi Pemain
- Duo Kembar Bagas-Bagus Sampaikan Simpati kepada Penyerang Persib Wander Luiz

Denny pun yakin dalam laga perdana Liga 1 2020, 1 Maret mendatang di Stadion Si Jalak Harupat, Persib bisa menghancurkan Persela Lamongan. “Intinya, skema ini harus terus disimulasikan agar kordinasi dan komunikasi antarpemain terus terjalin hingga laga perdana nanti,” ujar Denny.

Skema 3-4-3 ini juga sekaligus memperkaya pakem yang akan diterapkan Robert pada kompetisi mendatang. Dengan materi pemain yang ada saat ini Robert tetap bisa menerapkan skema-skema andalan lainnya seperti 4-3-3, 4-4-2, dan 4-2-3-1, tergantung situasi dan kondisi pemain maupun tim lawan.*Arief Nugraha K

BERITA TERKAIT

news
Nyaman di Harian TopSkor, Mantap di TopSkor.id
Total Komentar 0
Tulis Komentar +
ARTIKEL SEBELUMNYA