#1
TOPSKOR   |   Harian Olahraga Pertama di Indonesia
Setengah Hati, Setien Bisa Kembalikan Ciri Khas Barca tapi Sayang Tak Diberi Modal
02 February 2020 17:07 WIB
BARCELONA – Jika pelatih FC Barcelona terdahulu, Ernesto Valverde bisa bertahan selama itu, faktor utamanya adalah dukungan para pemain senior. Namun, pemecatan Valverde memang tinggal menanti waktu dan akhirnya terjadi. Saat harus ada pelatih baru, dua kandidat terkuat menolak.

Mereka adalah Ronald Koeman dan Xavi Hernandez. Jadilah Barca mendaulat Quique Setien jadi pelatih Barca. Beberapa tahun lalu, Setien memang jadi salah satu dari dua pilihan pelatih Barca pengganti Luis Enrique. Satu opsi lainnya tentu saja Valverde itu sendiri.

Akhirnya, nasib pula yang membawa Setien ke Barca. Pertimbangan manajemen Barca adalah gaya permainan Setien yang sangat mengutamakan penguasaan bola. Inilah pertimbangan utama manajemen saat itu. Di tangan Enrique dan Valverde, ciri khas Barca memudar. Tapi, berpotensi besar kembali lagi di tangan Setien.


Baca Juga :
- Ini Bukti Persik Punya Masalah dengan Konsistensi Strategi
- System of Play Tim Liga 1 2020: 4-3-3 Favorit, 5-3-2 ''Dipromosikan'' Persik

Dalam ulasan yang dibahas di Sport360, kerja Setien tampaknya tak didukung penuh oleh manajemen Barca. Ada kesan setengah hati. Memang, manajemen jungkir balik mencari striker pengganti Luis Suarez tapi itu semua tanpa meminta pendapat Setien. Meski pada akhirnya, Barca pun bisa mencapai kesepakatan untuk dua pemain baru.

Mereka adalah Francisco Trincao dan Matheus Fernandes. Masalahnya, kedua pemain itu langsung dipinjamkan lagi ke klub asal. Baru bergabung di musim panas nanti. Jadilah Setien benar-benar tak diberi modal untuk mewujudkan misi Barca yaitu mengambalikan ciri khas permainan.


Baca Juga :
- Liverpool Kandas di Anfield, Klopp Sampai Bingung tapi Tetap Jelaskan Penyebabnya
- Perkasa di Anfield! Sambil Kegirangan, Simeone Jelaskan Kunci Kemenangan Atletico

Suarez cedera, lalu Carles Perez dan Abel Ruiz pun pergi, dan Ousmane Dembele belum pulih. Namun, dengan kedewasaan Setien, dia tetap tenang. Membujuk Antoine Griezmann jadi striker, terus mengakomodasi keinginan Lionel Messi, dan memotivasi Ansu Fati di tiap laga.

Kuncinya adalah saat Barce menerima kedatangan UD Levante di Stadion Camp Nou pada Senin (3/2) pukul 03.00 WIB. Jika Barca bisa menang dengan permainan yang lebih agresif, manajemen diyakini akan menoleh ke Setien untuk dilibatkan dalam setiap keputusan transfer. Dan, ini sangat penting.*

BERITA TERKAIT

D
BarC4!
Total Komentar 0
Tulis Komentar +
ARTIKEL SEBELUMNYA