#1
TOPSKOR   |   Harian Olahraga Pertama di Indonesia
Membandingkan Performa Neymar di Ligue 1, La Liga, dan Seri A Brasil
01 February 2020 12:35 WIB
PARIS - yang sebelumnya berada di luar frame, kini sudah berada di dalamnya. Bahkan, penyerang asal Brasil ini bersinar, melebihi pemain lainnya di Ligue 1. Ya, Neymar yang terbaik telah kembali. Bintang yang sebelumnya kerap merepotkan kini justru menjadi sumber dari semua aspek sukses Paris Saint Germain (PSG) pada 2019/20 ini.

“Saya tidak pernah menginginkan peran nomor satu (tokoh utama). Saya bermain karena saya mencintai sepak bola dan saya bermain karena merasa bahagia di lapangan,” kata Neymar saat menjawab isu keinginannya meninggalkan PSG. “Mengapa pula saya ingin pergi? Saya masih memiliki kontrak dua tahun lagi dan saya ingin terus berkembang di tim. Target saya adalah meraih gelar Liga Champions,” dia menegaskan.

Neymar ingin tetap di PSG, bermain dengan perasaan yang gembira, dan ingin meraih sesuatu yang sudah lama diinginkannya: Liga Champions. Itulah Neymar. Bintang yang pada 5 Februari nanti genap berusia 28 tahun ini telah melupakan untuk sementara keinginannya kembali ke Barcelona. Neymar juga telah terbebas dari cedera metatarsal kaki kanan dan tidak lagi merasakan sakit di pergelangan kaki kanannya.


Baca Juga :
- Jalan Keluar Neymar, PSG Bersedia Terima Pembayaran dengan Cara Cicilan
- Ketika Mendy Berhasil Mengalahkan Marcelo

Dengan semua itu pula, Neymar berhasil memperliahtkan versi terbaiknya. “Sesuatu yang telah berubah dalam diri Neymar. Effort Neymar fantastis,” kata pelatih PSG, Thomas Tuchel, mengakui. “Saya kira, saya tidak akan membahas tentang apa yang bisa dilakukannya di lapangan. Ketika dia hanya mencetak satu gol atau memberikan assist, orang selalu menyatakan dia tidak bermain dalam performa terbaik. Tapi, lihatlah, dia sangat menentukan,” dia menambahkan.

Paris kini mulai menjadi tempat yang bersahabat bagi Neymar. Rapor personalnya memperlihatkan bahwa Ligue 1 adalah teritorialnya saat ini. Neymar telah menorehkan 47 gol dari 50 laga Ligue 1 bersama PSG. Faktanya, dalam sejarah Ligue 1, hanya Gunnar Andersson, pemain asal Swedia yang menorehkan jumlah tersebut bersama Marseille (1950/51).


Baca Juga :
- Madrid Harus Tunggu Mbappe hingga Juni 2021
- INFOGRAFIS: Ronaldo Kesulitan Cetak Gol Tendangan Bebas di Juve

Bersama PSG, Neymar berperan terciptanya 101 gol dalam semua ajang! Yaitu 66 gol dan 35 assist dalam 75 pertandingan. Rata-rata golnya mencapai 0,88 gol per pertandingan dengan 0,46 assist per laga pula. Khusus di Ligue 1, Neymar mampu mencetak 0,94 gol per pertandingan dan 0,52 assist per laga. Bandingkan ketika di Barcelona. Rata-rata di La Liga, Neymar hanya mencetak 0,55 gol per laga.

Total di Barcelona dalam semua ajang, rata-rata 0,56 gol dan 0,4 assist per pertandingan. “Ya, saya memang berada dalam performa terbaik saat ini. Kemampuan tersebut diperlihatkan dengan mencetak gol dalam delapan laga beruntun antara Desember dan Januari. “Saya bahagia dan fokus di pertandingan. Saya 100 persen fokus di PSG,” katanya.* Irfan Sudrajat

BERITA TERKAIT

Total Komentar 0
Tulis Komentar +
ARTIKEL SEBELUMNYA