#1
TOPSKOR   |   Harian Olahraga Pertama di Indonesia
Persebaya Full Team lawan Sabah FA, Termasuk Makan Konate dan David da Silva.
31 January 2020 14:05 WIB
SURABAYA – Klub-klub Malaysia sepertinya menjadi favorit bagi kontestan Liga 1 2020 untuk diajak beruji coba dalam skala internasional. Selain kedekatan geografis, faktor pertemanan juga memengaruhi keputusan mereka untuk saling mengasah diri dalam pertandingan.

Sebelumnya, Persib Bandung dan Madura United sudah menggelar tur menghadapi beberapa tim di Malaysia. Pelatih Persib Robert Rene Alberts dan pelatih Madura United Rahmad Darmawan kebetulan memiliki akses dengan klub-klub negeri jiran itu karena sama-sama pernah menangani klub Malaysia.

Juga tidak ketinggalan Bhayangkara FC, yang baru saja menjuarai ajang pramusim Siem Reap Super Asia Cup 2020 di Kamboja. Salah satu dari dua tim yang dihadapi The Guardian berasal dari Malaysia, yakni Petaling Jaya City.


Baca Juga :
- Persebaya Belum Bahas soal Pemotongan Gaji dengan Pemain
- Aryn WIlliams, Cerita Hari ke-8 Gelandang Persebaya Itu Jalani Karantina di Negaranya

Dan kini, giliran klub Liga 1 lainnya Persebaya Surabaya yang ikut terpincut untuk beruji coba lawan klub Malaysia. Lawan mereka adalah Sabah FA. Laga tersebut rencananya akan digelar Sabtu (8/2) di Stadion Gelora Bung Tomo Surabaya.

Persebaya sengaja menggelar laga uji coba internasional karena akan terjun dalam dua kompetisi yang bergengsi sekaligus pada tahun 2020 ini. Selain Liga 1 ada ASEAN Club Championship 2020 yang sudah menanti.

Dan, lagi-lagi faktor pertemanan antarpelatih yang memicu digelarnya uji coba ini. Persebaya dilatih mantan bek kiri timnas Aji Santoso, sedangkan Sabah FA kini ditangani mantan striker timnas, Kurniawan Dwi Yulianto.

"Ini kebetulan Kurniawan lagi di Indonesia, mengajak uji coba. Bagus, karena selain Liga 1, kami juga sedang mempersiapkan diri untuk ajang ASEAN Club Championship. Setelah itu akan ada pertandingan dengan sesama klub Indonesia. Tapi kira-kira harus selevel," kata Aji di sela persiapan tim, Kamis (30/1) .

Aji menilai uji coba melawan Sabah FA penting untuk menyongsong musim 2020. Sebab, secara kekuatan, tim yang berkompetisi di Malaysia Super League itu satu level dengan para kontestan Liga 1 Indonesia.

”Kami sudah bisa menurunkan skuat full team, Makan Konate dan David da Silva sudah bisa bermain. Kami bisa menjajal kekuatan yang sesungguhnya untuk Liga musim 2020 maupun ASEAN Club Championship,” mantan pelatih Persela Lamongan ini menuturkan.

Laga uji coba Persebaya melawan Sabah FA sekaligus akan jadi ajang launching team Persebaya. Total saat ini Bajul Ijo memiliki 28 pemain. Namun, belum semua pemain bergabung dalam pemusatan latihan di Yogyakarta yang berakhir 25 Januari lalu.

Skuat lengkap Persebaya bisa disaksikan saat melawan Sabah FA besok. Ditanya apakah akan menggelar laga uji coba internasional kembali setelah ini, Aji memilih untuk wait and see. "Kita lihat perkembangannya nanti seperti apa," ujar pria asal Malang ini.

Namun, sebelum laga uji coba internasional tersebut, Persebaya rencananya akan menggelar uji coba lawan klub internal pada akhir pekan ini. "Uji coba internal mungkin akan digelar tertutup biar pemain fokus. Kalau mau menonton uji coba terbuka ya silakan saat kami melawan Sabah FA," Aji menambahkan.


Baca Juga :
- Mantan Pemain Asing Persebaya Ini Sebut Negaranya Aman dari Covid-19 dan Bawa Timnya Juara
- INFOGRAFIS: Cinta dan Loyalitas Berbuah Predikat Legenda

Laga uji coba Persebaya melawan Sabah FA juga telah mendapatkan lampu hijau dari PSSI. Payung organisasi sepak bola Tanah Air itu memberikan izin laga tersebut melalui melalui surat bernomor 251/AGB/69/I-2020.*M Bahrul Marzuki

.

BERITA TERKAIT

news
Nyaman di Harian TopSkor, Mantap di TopSkor.id
Total Komentar 0
Tulis Komentar +
ARTIKEL SEBELUMNYA