#1
TOPSKOR   |   Harian Olahraga Pertama di Indonesia
Petarung Butuh Daya Tahan Tubuh, Rudy Agustian Berbagi Tips
20 January 2020 13:45 WIB
JAKARTA - Dalam dunia seni bela diri campuran ataupun olahraga kombat pada umumnya, daya tahan tubuh merupakan sebuah pilar penting yang wajib dimiliki setiap atlet profesional. Hasil akhir dari sebuah laga tidak hanya ditentukan oleh seberapa kuat pukulan dan tendangan ataupun seberapa licin kuncian. 

Lebih dari itu, daya tahan seorang atlet juga menjadi faktor penting yang menunjang performa ketika berlaga. Bahkan ada sebuah anggapan umum bahwa pemenang bukanlah tentang siapa yang memukul paling keras, namun siapa yang mampu bertahan lebih lama saat menerima serangan. 

Daya tahan (endurance) adalah aspek penting untuk mengimbangi kekuatan (power) seorang atlet. Daya tahan dalam seni bela diri campuran adalah kemampuan untuk mempertahankan kondisi dalam jangka waktu yang lebih panjang. 


Baca Juga :
- Vincent Majid, Sosok di Balik Performa Spektakuler Fajar Macho
- Kuncian Favorit Aziz Calim di ONE Championship

Karena itu, aspek ini juga sangat penting bagi atlet mixed martial arts agar bisa menjaga ketahanan tubuh dan serangan dalam sebuah pertarungan. Atlet dengan daya tahan yang baik akan bisa menjaga tempo pertandingan untuk mengungguli lawan sambil tetap menyerang sesuai strategi atau gameplan. 

Rudy “The Golden Boy” Agustian atlet ONE Championship asal Tangerang, Banten, berbagai tentang caranya melatih daya tahan, serta tantangan yang dihadapi untuk mengembangkan aspek tersebut.  

 Rudy menekankan pentingnya rutinitas latihan dalam meningkatkan daya tahan.  “Untuk endurance, maka semua durasi dan repetisi latihan akan diperbanyak dalam setiap set; baik itu weight training, striking, grappling, atau jogging misalnya,” tutur atlet divisi flyweight tersebut pada onefc.com/id.  

Menurut Rudy, latihan meningkatkan endurance merupakan salah satu yang terberat. Dan jika terlewat, maka dampaknya bisa buruk bagi proses latihan yang telah dijalani. 


Baca Juga :
- Jihin Radzuan Incar Bi Nguyen, meski Pertarungan Tertutup
- 3 Anime Ini Inspirasi Petarung Indonesia

“Kita mesti berusaha memberikan upaya yang terbaik agar bisa mencapai atau meningkatkan speed hingga titik tertentu. Hal yang sama pun terjadi dalam peningkatan endurance, dimana latihan intensif akan membuat otot kita terasa sangat lelah,” tuturnya. 

ONE Championship akan menyelenggarakan ajang ONE: FIRE & FURY pada 31 Januari di Manila, Filipina. Joshua "The Passion" Pacio akan menghadapi Alex "Little Rock" Silva dalam laga puncak untuk memperebutkan sabuk Juara Dunia ONE Strawweight. 

BERITA TERKAIT

Penulis
Total Komentar 0
Tulis Komentar +
ARTIKEL SEBELUMNYA