#1
TOPSKOR   |   Harian Olahraga Pertama di Indonesia
Stok Lini Belakang Persib Menumpuk, Ada Wacana Fabiano Ditempatkan sebagai Gelandang Bertahan
17 January 2020 07:20 WIB
BANDUNG – Musim kompetisi 2020, pelatih Persib Bandung Robert Rene Alberts memiliki banyak pilihan untuk menentukan komposisi pemain yang akan menjadi pemain inti. Belakang, tengah hingga depan, sudah terbilang lengkap. Setiap satu pemain inti memiliki satu pemain cadangan yang tidak jauh kualitasnya.

Alhasil, jika satu pemain terkendala cedera atau akumulasi, ia tidak perlu pusing karena pemain cadangannya punya kualitas setara. Dengan jumlah pemain yang sudah ada saat ini pun Robert akan lebih leluasa merotasi pemain. Sebab ada kemungkinan tahun ini Persib bukan saja mengikuti kompetisi Liga 1, melainkan juga Piala Indonesia.

Di sektor penjaga gawang, pelatih kiper Luzinho Passos memberi garansi Persib tidak akan kekurangan stok. I Made Wirawan sebagai kiper utama ditopang dua cadangannya Dhika Bhayangkara dan Muhammad Aqil Savik.


Baca Juga :
- Kalah dari Kerala India, Persib Gagal ke Perempat Final
- Pantauan Tim Medis, Kondisi Pemain Persib Bagus Selama Menjalani Latihan Mandiri

“Semua kiper Persib memiliki progres yang bagus, tinggal kami poles dan diberi kesempatan sebanyak mungkin,” ujar Passos. Lini pertahanan juga akan mulai  berproses sebelum kompetisi bergulir. Empat pilar akan jadi pemain inti, menyusul kehadiran Victor Igbonefo dan Fabiano Beltrame.

Di sektor ini pun, satu pemain inti dan satu cadangan sudah terpenuhi. Untuk pilar inti pilihan sementara tertuju kepada Supardi Nasir, Nick Kuippers, Victor Igbonefo, dan Ardi Idrus. Sementara cadangannya ada Fabiano, Achmad Jufriyanto, Indra Mustafa, serta Zalnando.

Soal komposisi yang akan diterapkan Robert tergantung lawan yang dihadapi. Bisa juga ada yang dikorbankan guna mengantisipasi penumpukan sektor belakang. Robert tinggal memilih pemain dengan komposisi  yang disukainya.

“Saat ini masalah penentuan komposisi dan pembentukan tim masih berproses. Maka itu, keberangkatan tim ke Malaysia bukan karena mengejar gelar, tetapi coach Robert akan melihat bahkan langsung memadukan skuat inti dan cadangan melalui dua pertandingan di sana,” kata Yaya Sunarya, asisten pelatih, Kamis (16/1).

Sebelumnya didepaknya Hariono memang menjadi salah satu upaya Robert untuk menghindari penumpukan di tengah. Dengan kehadiran Fabiano, bisa saja posisi gelandang bertahan yang selama ini diisi Hariono akan diberikan kepada pemain naturalisasi tersebut.

Jadi, untuk menopang Omid Nazari di lini tengah Robert punya banyak pilihan dari Dedi Kusnandar, Kim Jeffrey Kurniawan, hingga Fabiano. Jika Fabiano hadi gelandang, lini tengah Persib bakal lebih kuat karena di satu sisi memiliki daya serang cepat, di sisi lain memiliki karakter bertahan yang kokoh.

Begitu juga sektor sayap, masing-masing posisi telah memiliki penopang. Sebut saja sayap kanan Febri Hariyadi ditopang Erwin Ramdani dan sayap kiri Ghozali Siregar bisa bergantian dengan Frets Butuan.

Tinggal posisi striker, Robert sedang mengkaji dan bereksperimen. Dua penyerang asing asal Brasil, Wander Luiz dan Joel Vinicius, sedang diuji coba di Malaysia. Jika mereka bagus, ditambah Ezechiel N’ Douassel dan Esteban Vizcarra, lini serang Persib akan semakin tajam.


Baca Juga :
- INFOGRAFIS: Enam Pemain Persib yang Selalu Tampil Penuh
- Persib Berpeluang hadapi Galatasaray pada Babak Delapan Besar

Coach Robert belum memberikan opsi terkait tim inti dan cadangan. Ia hanya berharap, sepulang dari Malaysia setidaknya sudah mendapatkan bayangan siapa saja yang akan direkrut. Terpenting kami membangun dan bentuk kondisi pemain dulu,” ujar Yaya.*Arief Nugraha K

 

BERITA TERKAIT

news
Nyaman di Harian TopSkor, Mantap di TopSkor.id
Total Komentar 0
Tulis Komentar +
news
ARTIKEL SEBELUMNYA