#1
TOPSKOR   |   Harian Olahraga Pertama di Indonesia


Ini Pendapatan Barcelona, Kalahkan Madrid, MU, PSG
14 January 2020 19:08 WIB
BARCELONA - Raksasa La Liga Barcelona didaulat paling tajir. Klub yang baru memecat pelatihnya itu mengalahkan Real Madrid, Manchester United dan seterusnya untuk meraih tempat No.1 di Deloitte Football Money League 2020. 

Pendapatan keseluruhan Barcelona mendapat 741.1 juta poundsterling atau sekitar Rp 13,7 triliun di musim 2018-19. Angka tersebut jauh lebih besar dari Real Madrid yang ada di tempat kedua dengan oendapatan 667,5 juta poundsterling (Rp 12,3 triliun).

Sementara Manchester United di tempat ketiga sebagai tim Liga Premier dengan pendapatan tertinggi yakni 627,1 juta poundsterling.


Baca Juga :
- Banyak Fan Madrid yang Mengejeknya, Alasan Gareth Bale Ogah Ucapkan Salam Perpisahan
- Madrid dan Barcelona Melepas Banyak Pemain Berkelas, Daftarnya Bakal Bertambah Panjang

Saingan terdekat Manchester United di Liga Premier di Deloitte Football Money League 2020, adalah Manchester City dan Liverpool. Kedua klub masing-masing di tangga keenam dan ketujuh. Bayern Munich dan Paris Saint Germain (PSG) berada di atas City dan Liverpool, masing-masing di tempat keempat dan kelima.

Tottenham Hotspur, Chelsea dan raksasa Serie A Juventus melengkapi sepuluh besar di peringkat akhir. 


Baca Juga :
- ‘PSG Sangat Menderita’, Neymar Kembali tapi Masalah Lain Muncul
- Tak Dipangil Timnas Argentina, Di Maria Kesal: Messi dan Otamendi Harusnya Pergi Juga

Deloitte mengatakan faktor utama di balik kekuatan penghasilan klub Catalan adalah keputusan mereka untuk membawa kegiatan merchandising dan lisensi di rumah.

"Barcelona adalah contoh yang jelas dari sebuah klub beradaptasi dengan perubahan kondisi pasar, mengurangi ketergantungan pada pendapatan siaran dan fokus pada peningkatan pendapatan dalam kontrolnya," pernyataan dari Deloitte.* 

BERITA TERKAIT

Penulis
Total Komentar 0
Tulis Komentar +
ARTIKEL SEBELUMNYA