#1
TOPSKOR   |   Harian Olahraga Pertama di Indonesia
Deretan Angka Ini Lengserkan Valverde dari Barcelona
14 January 2020 08:21 WIB
BARCELONA - Angka tak bisa berdusta. Data itu yang akhirnya fakta berbicara. Pelatih Barcelona Ernesto Valverde harus lengser karena statistika.

Barcelona berpisah dengan Ernesto Valverde, Selasa (14/1) dini hari. Sejatinya rapor Valverde tidak banyak merahnya. Dia meninggalkan Camp Nou dengan Blaugrana di puncak klasemen setelah 19 pertandingan di 2019-20. Mengingat kesuksesannya dengan Barca, tampaknya keputusan yang keras, tetapi apakah angka mendukungnya?

Dengan bantuan Opta, kita melihat kekuasaan Barca selama dua setengah tahun dipoles Valverde.


Baca Juga :
- Sebut Lionel Messi Bocah 150 cm yang Setengah Autis, Legenda Prancis Ini Minta Maaf
- Messi Tinggalkan Barcelona Tahun Depan, Fan Barca Pasti Sedih

69,5 persen - Valverde mengambil alih 95 pertandingan La Liga sebagai bos Barca. Dia memenangkan 66 pertandingan itu, seri 22 dan kalah hanya tujuh. Rasio kemenangan 69,5 persen adalah pengembalian terbaik kelima dalam sejarah klub. Rezim Tito Vilanova berada di depan dengan 92,10 persen.

36 - Valverde tidak terkalahkan dalam 36 pertandingan La Liga pertamanya, yang tetap menjadi urutan terpanjang untuk bos baru dalam sejarah liga. Barcelona memenangkan 27 pertandingan itu.

 

43 - Rekor panjang itu ditambahkan ke tujuh pertandingan terakhir dari waktu Luis Enrique yang bertanggung jawab, ketika Barcelona juga tak terkalahkan, memberi mereka rekor rekor 43 pertandingan tak terkalahkan.

4 - Valverde mengantarkan empat gelar ke kabinet trofi Camp Nou - dua gelar La Liga (2017-18 dan 2018-19), 2018 Copa del Rey dan Supercopa de Espana.

213 - Mantan Athletic Bilbao, Valencia dan bos Villarreal ini telah memenangkan 213 pertandingan La Liga dalam kariernya, yang kelima terbanyak sepanjang masa. Luis Aragones (344) adalah pemimpin dalam kategori tertentu.

9 - Mengalahkan Real Madrid adalah cara yang pasti untuk memenangkan keraguan. Valverde telah memanggang sembilan kemenangan atas Los Blancos abad ini. Tidak ada manajer yang lebih berhasil di abad ke-21 (sejajar dengan Pep Guardiola dan Diego Simeone).

0-3 dan 0-4 - Ketidakmampuan Valverde untuk mengantarkan kesuksesan Liga Champions diyakini berada di belakang keputusan untuk memecatnya. Barcelona mengalahkan Roma 4-1 dan Liverpool 3-0 di leg pertama kandang sistem gugur selama dua musim sebelumnya. Tetapi pada kedua kesempatan mereka keok, Giallorossi menaklukkannya 3-0 dan The Reds 4-0.


Baca Juga :
- Mencurigakan! Ramos yang Terkenal Agresif Mendapatkan Lebih Sedikit Kartu Kuning daripada Pique yang Elegan
- INFOGRAFIS: Real Madrid Lebih Beragam dalam Kategori Pencetak Gol

112 - Tidak mengherankan, Lionel Messi telah menjadi pemain penyerang paling produktif di bawah Valverde, mencetak 112 kali dan memberikan 46 assist untuk 158 keterlibatan gol. Messi terlibat dalam 47,9 persen dari 238 gol La Liga Barcelona di bawah Valverde.

123 - Namun, bukan Messi yang terbanyak dalam starting Valverde. Dengan 109 penampilan, ia berada di posisi kelima dalam daftar, di belakang Sergio Busquets, Luis Suarez, Marc-Andre ter Stegen dan Gerard Pique, yang mengumpulkan 123 starter.*Suryansyah

BERITA TERKAIT

Penulis
Total Komentar 0
Tulis Komentar +
ARTIKEL SEBELUMNYA