#1
TOPSKOR   |   Harian Olahraga Pertama di Indonesia
INFOGRAFIS
Skuat Muda Liverpool Juga Oke
07 January 2020 11:38 WIB
LIVERPOOL – Liverpool FC masih terlalu kuat bagi Everton FC. Itu terbukti pada laga babak ketiga Piala FA 2019/20, Minggu (5/1) lalu. Skuat muda The Reds yang diturunkan pelatih Juergen Klopp sukses memetik kemenangan, 1-0, atas rival sekotanya tersebut di Stadion Anfield.

Curtis Jones jadi penentu berkat gol briliannya dari luar kotak penalti pada menit ke-71, memanfaatkan kerja sama dengan penyerang Divock Origi. Dengan cerdik, gelandang 18 tahun ini melepas tendangan terarah ke sudut kanan atas gawang Everton. Bola sepakan Jones itu tidak mampu dijangkau kiper Jordan Pickford.

Skor tidak berubah hingga laga usai. Kemenangan ini pun mengantar Liverpool lolos ke babak keempat Piala FA. Hasil tersebut juga memperpanjang dominasi The Reds dalam Derbi Merseyside. Mereka tak pernah kalah dari Everton dalam 23 pertemuan kandang di semua kompetisi. Rekornya, 13 kemenangan dan 10 imbang. 


Baca Juga :
- Rashford Ingin Duet dengan Sancho di MU
- Virgil van Dijk Ungkap Pemain yang Paling Sulit Dikawal

Kemenangan akhir pekan lalu itu pun menjaga rapor Klopp versus The Toffees. Sejak melatih Liverpool pada Oktober 2015 lalu, ia tidak mencatatkan tujuh kemenangan dan tiga kali seri dalam Derbi Merseyside. Dan yang membuatnya lebih bangga adalah hasil positif ini diraih dengan kombinasi pemain pelapis dan talenta muda. 

Kedua, Everton ditangani pelatih sekelas Carlo Ancelotti yang kerap menjadi momok bagi Liverpool. Sebab, dalam 12 pertemuan sebelumnya, catatan pria asal Italia tersebut menghadapi The Reds terbilang impresif. Ancelotti mengantongi tujuh kemenangan, sekali imbang, dan empat kali kalah.

“Saya menyaksikan performa sensasional dari tim yang belum berpengalaman. Banyak pemain kami yang baru kali ini tampil di turnamen seperti ini menghadapi Everton. Itu luar biasa. Saya sangat menikmati permainan mereka dengan setiap detiknya,” kata Klopp semringah.

Ia memang menyimpan sebagian besar pemain andalannya. Termasuk, trio penyerang Sadio Mane, Mohamed Salah, dan Roberto Firmino serta bek andalan, Virgil van Dijk. Bukan tanpa alasan Klopp melakukannya. Rotasi harus dilakukan mengingat jadwal padat yang dimiliki Liverpool.

Dalam kesempatan itu pula, Klopp memberikan debut kepada Takumi Minamino. Penyerang asal Jepang itu, tampil baik sepanjang 70 menit. Sang pelatih menyebut Minamino membuktikan kehadirannya memang dibutuhkan The Reds. Tentang gol fantastis Jones, tak lupa Klopp mengapresiasinya. “Sensasional. Jones telah membuat langkah besar bersama Liverpool,” ujar Klopp.

Di sisi lain, Ancelotti mengakui efektivitas timnya masih perlu perbaikan. Padahal, sang pelatih sudah menurunkan skuat terbaiknya untuk bisa memenangi derbi. The Toffees beberapa kali mendapat peluang emas, namun upaya mereka selalu mampu digagalkan kiper cadangan Liverpool, Adrian San Miguel.


Baca Juga :
- Oezil Tidak Akan Pernah Dipakai Oleh Juergen Klopp, Ini Alasannya
- Nekat, Klub-klub Liga Primer Mendesak Kompetisi Digelar Lagi Mei Mendatang

“Kami kalah akibat tidak mampu menjaga intensitas di babak kedua. Kami kehilangan energi dan kepercayaan diri. Kami juga tidak dapat membangun serangan dengan cepat dari belakang,” kata Ancelotti.*Choirul Huda dari berbagai sumber


 

BERITA TERKAIT

Penulis
Total Komentar 0
Tulis Komentar +
news
ARTIKEL SEBELUMNYA