#1
TOPSKOR   |   Harian Olahraga Pertama di Indonesia
INFOGRAFIS
  Arteta Sukses Ubah Gaya Bermain dan Mental Pemain Arsenal 
04 January 2020 14:16 WIB
LONDON – Nicolas Pepe buka-bukaan soal bagaimana pelatih anyar Mikel Arteta mampu mengubah secara signifikan penampilan Arsenal FC. Winger asal Pantai Gading seharga 72 juta paun itu menyumbangkan satu gol ketika The Gunners mengalahkan Manchester United FC (MU), 2-0, di Emirates pada Rabu (1/1) malam.
 
Pepe mengungkapkan Arteta sangat detail dalam memaparkan metodenya, termasuk analisa video sebelum berlaga. “Kemenangan atas MU ini terasa jauh lebih baik. Kami mencetak dua gol dan tidak kebobolan. Kami melakukan banyak hal, menonton banyak video selama latihan untuk persiapan,” ujarnya kepada kanal TV Prancis, RMC Sport.
 
Menurut Pepe, meski semua terbilang baru bersama Arteta, tim mampu beradaptasi dengan cepat. “Itu sudah terlihat dalam tiga laga terakhir. Walaupun tidak langsung menang, kami cukup bagus. Kemenangan hanya masalah waktu dan itu terbukti melawan MU. Kami harus terus seperti ini untuk finis empat besar,” kata Pepe.
 
Pengakuan sang pemain selaras dengan analisa Sky Sports terkait transformasi Arsenal sejak ditangani Arteta. Bahwa sekalipun ini merupakan karier manajerial pertamanya, pria asal Spanyol tersebut tidak menyia-nyiakan waktu untuk segera membenahi gaya permainan dan mentalitas skuat The Gunners ke arah yang lebih positif.
 
Yang pertama, soal intensitas. “Kami meminta para pemain untuk melakukan hal yang berbeda, bermain dengan kecepatan yang berbeda, jauh lebih agresif daripada yang biasa mereka lakukan," tulis Arteta dalam catatan programnya menjelang kemenangan atas Setan Merah - dan peningkatan intensitas itu sangat jelas terlihat di tim Arsenal ini.
 
Bermain tanpa arah sepanjang musim, Arsenal yang kini langsung melancarkan tekanan secara bergerombol, bergegas kembali untuk membantu rekan striker mereka, lalu bermain dengan kecepatan dan ketepatan di separuh lapangan lawan saat kuasai bola.
 
Hasilnya, mereka menempuh jarak 114.2 km saat lawan MU, angka tertinggi mereka di Liga Primer musim ini. Bandingkan semasa Unai Emery, Arsenal hanya mencatatkan rata-rata jarak 107,1 km per pertandingan dan 108 km di era Freddie Ljungberg. Rata-rata 94 sprint per laga sejauh ini pun terlewati dengan 116 sprint per laga versus MU.
 
Isu kedua, mentalitas. Tanpa rekam jejak sebagai pelatih utama, ternyata Arteta bisa meyakinkan para pemain Arsenal untuk mempercayainya. “Saya berkata kepada mereka, 'Tanpa kalian, saya tidak akan bisa melakukannya. Anda harus membuka pintu itu dan percaya bahwa saya bisa membawa sesuatu yang berbeda untuk klub ini’,” kata Arteta.
 
Lalu kemenangan atas MU menandai clean sheet pertama mereka di kandang dalam tiga bulan. Ini menggarisbawahi semangat baru di kamp The Gunners. Bahkan Rio Ferdinand pun takjub ketika melihat Mesut Oezil bermain dengan senyum di wajahnya, lalu memenangkan bola kembali dalam 11 kesempatan, terbanyak di antara timnya.
 
Padahal sebelumnya Oezil hanya melakukannya dua kali dalam lima musim terakhirnya di Liga Primer. "Saya sungguh menyukai daya juang mereka dan saya senang melihat mereka menderita bersama," kata Arteta. “Itu respons yang saya mau. Alih-alih kesal satu sama lain, ketika seseorang kehilangan bola, semua orang memenangkannya lagi."
 
Terakhir, faktor personil. Oezil dan Granit Xhaka adalah dua pemain yang paling sering terlibat cekcok dengan Emery, yang berujung pada lenyapnya nama mereka dalam starting line-up. Kini keduanya pusat serangan Arteta. David Luiz, yang juga diasingkan Emery telah kembali ke XI, bersama Xhaka dan Torreira, membuat solid lini pertahanan.
 
Di barisan depan, Arteta menurunkan empat pemain depan Oezil, Alexandre Lacazette, Pepe, dan Pierre-Emerick Aubameyang saat melawan MU - pertama kalinya keempat pemain itu turun bersama. Ini kombinasi menarik dengan para pemain menggabungkan bakat kreatif dan naluri agresivitas mereka dengan etos kerja nyata yang baru.*Nurul Ika Hidayati dari berbagai sumber

BERITA TERKAIT

Penulis
Total Komentar 0
Tulis Komentar +
ARTIKEL SEBELUMNYA