#1
TOPSKOR   |   Harian Olahraga Pertama di Indonesia
Bojan Hodak,Pelatih Baru PSM Makassar, Bukan Sosok Sembarangan
02 January 2020 13:51 WIB
MAKASSAR – Manajemen PSM Makassar resmi mengumumkan pelatih baru untuk Liga 1 2020. Setelah melalui pertimbangan matang, manajemen Juku Eja akhirnya menunjuk pelatih asa Kroasia, Bojan Hodak, menangani tim musim mendatang.  

CEO PSM Makassar, Munafri Arifuddin mengatakan, manajemen PSM memang ketat untuk menentukan nama pelatih yang akan dikontrak karena harus memenuhi beberapa kriteria. Yaitu mengerti iklim sepak bola Asia Tenggara, punya rekam jejak pernah membawa tim juara, dan punya pengalaman membawa timnya ke level kompetisi AFC.

"Itu antara lain alasan kami mencari pelatih. Jadi kami bentuk dulu kriteria, baru kami cari namanya," kata Munafri, Rabu (1/1). PSM menilai, sosok Hodak memenuhi semua kriteria yang diinginkan PSM musim ini.


Baca Juga :
- Bisa Kumpul Keluarga, Kiper Persita Ini Justru Rindu Suasana Latihan Bersama
- Tira Persikabo Sebut Pemain Sepakat Pemotongan Gaji hingga 75 Persen

Hodak dikontrak untuk satu musim ke depan, namun manajemen tetap akan melihat perkembangan seiring berjalannya musim kompetisi nanti. "Ya, ada opsi perpanjangan. Saya pribadi  bukan tipikal orang yang mudah memecat pelatih. Misalnya saat gagal di beberapa laga langsung dipecat, tidak seperti itu,” Munafri menegaskan.

“Saya lihat  dulu perjalanannya liat seperti apa. Hodak juga bilang, dia bukan tukang sulap yang dapat mengubah segalanya. Tapi, dia berusaha  memperbaiki kekurangan PSM dan mempertahankan yang sudah baik," ujarnya.

Menurut Appi sapaan akrabnya, kriteria yang ketat sangat krusial bagi PSM mengingat tim yang bermarkas di Stadion Andi Mattalatta itu akan berkompetisi pada ajang internasional Piala AFC 2020. Mereka berhak mewakili Indonesia pada kompetisi kasta kedua Asia itu usai menjuarai Piala Indonesia 2019.

PSM akan menghadapi  babak play-off penyisihan grup Piala AFC melawan  juara Liga Timor Leste, Lalenok United. Laga digelar dengan format kandang-tandang pada 22 dan 29 Januari mendatang.

Hodak sendiri sudah berpengalaman melatih beberapa klub Asia Tenggara. Di antaranya pernah menangani Phnom Penh Crown FC (Kamboja), Johor Darul Ta'zim (Malaysia), membawa Kelantan FA (Malaysia) juara, bahkan pernah melatih timnas Malaysia U-19.

Terkait pemain baru PSM, Appi belum mau membocorkan nama-namanya, karena PSM baru saja mendapatkan pelatih baru.  Ia berjanji  mempublikasikan skuat anyar PSM secepatnya. Yang pasti untuk komposisi pemain 2020, Appi menyerahkan kepada pelatih kepala untuk merekomendasikan, dan manajemen tinggal negoisasi.

Hodak menurutnya juga sudah mempelajari karakter PSM saat tampil pada Liga 1 2019, dan sudah meminta data-data pemain serta statistik pemain untuk dinilainya. "Pelatih juga menyebutkan tipikal pemain yang ingin didatangkannya. Salah satu contoh dia butuh pemain dengan posisi striker yang  jangkung," ucap dia.

Appi juga mengungkapkan, untuk nama pemain yang keluar dari PSM tidak terlalu banyak. Salah satu pemain yang keluar adalah penyerang Muhammad Rahmat yang pindah ke Bali United. "Saya sudah bicara kepada Rahmat, dia butuh me-refresh kariernya, mudah-mudahan sukses di tempat baru," kata Appi.

Untuk gelandang Rizky Pellu, PSM ingin pemain 27 tahun itu bertahan. "Pellu  tidak hanya diminati PSIS Semarang, tim lain juga ada yang ingin merekrutnya. Kami sendiri kalau Pellu masih minat bergabung akan kami pertahankan. Tapi kalau ada pemain yang ingin keluar kami tidak bisa paksa," kata Appi.*Agustian Pratama


Baca Juga :
- Lelang Jersey PSS Sleman, Aaron Evans Laku Rp 2,2 juta, Ega Rizki Rp 1,7 juta
- Lelang Jersey Perangi Covid-19, Suporter PSIS Berharap Tak Ada Lagi Oknum Bid and Run

8

Jumlah gelar Bojan Hodak sebagai pelatih. Yakni Liga Kamboja 2011 (Phnom Penh Crown), Malaysia Super League 2012 (Kelantan FA), Malaysia FA Cup 2012 dan 2013 (Kelantan FA), Malaysia Cup 2012 (Kelantan FA), Malaysia Super Legue 2014 (Johor Darul Ta’zim), Malaysia Charity Shield 2015 (Johor Darul Ta’zim), dan Piala AFF U-19 2018 (Malaysia U-19)

BERITA TERKAIT

news
Nyaman di Harian TopSkor, Mantap di TopSkor.id
Total Komentar 0
Tulis Komentar +
news
ARTIKEL SEBELUMNYA