#1
TOPSKOR   |   Harian Olahraga Pertama di Indonesia
news
Inilah Masalah Utama Suzuki di MotoGP Musim Lalu
31 December 2019 10:52 WIB
HAMAMATSU – Pengakuan mengejutkan datang dari salah satu bos Tim Suzuki Ecstar. Menurut pimpinan proyek tim pabrikan Suzuki, Shinici Sahara, hasil akhir di MotoGP 2019 tidak sesuai dengan target. Musim lalu, Alex Rins sukses meraih dua kemenangan dan sejumlah area penting berhasil ditingkatkan. Namun, itu dirasa belum cukup karena masih ada beberapa hal yang masih perlu perbaiki, terutama kecepatan pada kualifikasi.

Tahun ini, Rins berhasil membawa Suzuki Ecstar menempati podium tertinggi untuk pertama kalinya sejak terakhir pada 2016. Tetapi, hasil akhir pada setiap perlombaan di sepanjang MotoGP 2019 tak begitu konsisten. Padahal, Rins kerap bersaing di barisan terdepan untuk memperebutkan podium.

Sahara pun menegaskan bahwa timnya memiliki target untuk konsisten berada di podium pada 2020. Tetapi, ia ingin timnya bekerja keras untuk meningkatkan kecepatan Suzuki GSX-RR pada kualifikasi. Menurutnya, itu menjadi faktor kunci untuk membuat Rins lebih mudah dalam meraih podium di setiap perlombaan.


Baca Juga :
- Quartararo Bukan Referensi bagi Mir
- Jorge Lorenzo Tegaskan Akan Kembali ke MotoGP

“Musim ini benar-benar bagus bagi kami, karena kami berhasil merayakan dua kemenangan yang diraih Rins dan kondisi Joan Mir yang pulih dengan cepat dari cederanya. Tapi sejujurnya, saya mengharapkan podium yang lebih banyak. Bahkan, posisi kami di klasemen tak menunjukkan potensi yang sesungguhnya,” kata Sahara.

Dari 19 lomba MotoGP musim ini, Suzuki hanya berhasil meraih tiga podium, termasuk dua kemenangan Rins. Padahal, Suzuki memiliki kinerja yang lebih baik daripada Yamaha dalam hal kecepatan lomba. Tetapi, mereka gagal memaksimalkan potensi GSX-RR pada beberapa sirkuit di sepanjang tahun ini.

“Kami harus bekerja lebih keras. Saya tidak yakin kami harus mengubah cara kerja karena kami memiliki motor dengan keseimbangan yang bagus. Tapi kami harus meningkatkan kinerja secara keseluruhan. Saya senang dengan Rins karena dia siap untuk bertarung dan selalu cepat di perlombaan, meski hasil kualifikasi tak begitu baik,” tutur Sahara.

Kecepatan di kualifikasi memang menjadi permasalahan yang selalu berusaha diperbaiki oleh para teknisi Suzuki. Mereka sempat menemukan titik terang pada awal paruh kedua musim di Grand Prix (GP) Republik Ceko, dengan mendapatkan posisi ketiga. Sayang, pada lomba-lomba berikutnya mereka gagal mengulangi hal tersebut.

“Pada 2020, saya ingin Rins memiliki hasil kualifikasi yang lebih baik. Saya yakin jika dia berada di grid yang lebih baik, maka hasil positif akan lebih mudah didapatkan. Ini bukan hanya soal gaya berkendaranya, ini juga bergantung pada motor yang kami berikan. Kami harus mengambil langkah maju dan mendukung Rins sepenuhnya,” ujar Sahara.

Pembalap debutan MotoGP, Mir, juga mendapatkan pujian dari Sahara karena pemulihan cederanya berjalan dengan cepat. Sebagai pendatang baru di kelas tertinggi, Mir juga menunjukkan kecepatan yang bagus dan mampu bersaing dengan rider-rider besar. Sahara yakin pada tahun depan, Mir dapat membantu tim untuk mendapatkan posisi yang lebih baik dalam klasemen tim dan konstruktor di akhir musim.


Baca Juga :
- Gagal Tes Doping, Andrea Iannone Dilarang Balapan di Semua Ajang Balap Motor
- Ini Jurus Ducati Agar Zarco Mau Gabung Reale di MotoGP 2020

“Saya tak meragukan kemampuan Mir, dia memiliki potensi untuk menjadi pembalap besar di masa depan. Dia mengalami insiden hebat dan mengalami cedera di Brno, itu berdampak pada kinerjanya di paruh kedua musim ini. Meski begitu, dia kerap bertarung untuk mendapatkan podium di beberapa perlombaan,” kata Sahara.

Pada tes di Sirkuit Ricardo Tormo, Valencia, dan di Sirkuit Jerez, Spanyol, pada pertengahan November lalu, Suzuki menunjukkan hasil positif. Tetapi, Rins masih mengeluhkan beberapa hal pada GSX-RR miliknya. Ia pun berharap motor akan memiliki performa yang lebih baik pada tes pramusim di Sirkuit Internasional Sepang, Malaysia, 7-9 Februari mendatang.***MUHAMAD FADLI RAMADAN DARI BERBAGAI SUMBER

loading...

BERITA TERKAIT

Total Komentar 0
Tulis Komentar +
ARTIKEL SEBELUMNYA