#1
TOPSKOR   |   Harian Olahraga Pertama di Indonesia


Taklukkan TopSkor Indonesia U-16, Penampilan Timnas Indonesia U-16 Dinilai Meningkat
24 December 2019 08:35 WIB
BEKASI – Timnas Indonesia U-16 melakoni laga uji coba menghadapi tim TopSkor Indonesia (TSI) U-16, di Stadion Patriot Candrabagha, Bekasi, Senin (23/12). Laga itu berlangsung ketat, di mana kedua tim memeragakan permainan sepak bola menyerang, walau dalam kondisi hujan deras.

Terbukti, delapan gol tercipta dalam pertandingan yang disaksikan ratusan penonton cilik tersebut. Bahkan, lima di antaranya terjadi pada babak pertama. Tiga gol untuk tim asuhan Bima Sakti dan dua untuk TSI. Laga ini berakhir dengan kemenangan timnas Indonesia U-16, skor 5-3.

Secara umum, Bima terlihat puas dengan performa yang ditampilkan anak asuhannya. Kendati, ia juga cukup menyayangkan kelengahan dari para pemain bertahan yang melakukan kesalahan fatal, sehingga kebobolan dua gol. Padahal, jika konsentrasi, gol tersebut dianggap tidak perlu terjadi.


Baca Juga :
- Timnas U-19 Indonesia Akan Bertolak ke Turki untuk hadapi Lima Negara
- Siaran Langsung NET TV dan Mola TV: Timnas Indonesia U-19 versus Qatar Malam Ini Pukul 20.30 WIB

“Kami tidak melihat hasil dalam uji coba ini. Kami hanya ingin pemantapan tim dari hasil latihan sepekan terakhir," kata Bima. "Kami sengaja pilih lawan tim lokal dulu, baru nanti pada 2020 lawan timnas negara lain. Saya pikir juga TopSkor tim bagus, mereka pembinaannya juga bagus. Ini bisa jadi evaluasi kami.”

Namun begitu, Bima melihat para pemainnya menunjukkan banyak perkembangan. Itu artinya program pemusatan latihan yang dilakukan setiap bulan, berjalan efektif. "Yang pasti selalu ada perkembangan signifikan. Kerja sama semakin kuat, lebih berani build-up. Tadi ada kesalahan-kesalahan individu, akan kami perbaiki.”

Bima melanjutkan, menang kalah tidak menjadi ukuran baginya. Yang terpenting, para pemain tetap ada kompetisi di dalam tim lewat uji coba. Setelah ini, Garuda Muda, julukan timnas kategori usia Indonesia, akan kembali beruji coba melawan ASIOP U-16, di tempat yang sama pada Rabu (25/12) sore.

Mengenai program 2020, Bima memastikan pemusatan latihan setiap bulan akan terus berlangsung. Hanya waktunya kemungkinan akan lebih disesuaikan dengan beberapa program PSSI, seperti kompetisi Elite Pro Academy dan turnamen-turnamen di luar negeri yang akan diikuti Indonesia U-16.


Baca Juga :
- Tekad Supriyadi dalam Uji Coba Kedua Timnas Indonesia U-19 versus Qatar
- Ada 59 Negara yang Larang WNI Masuk, TC Lanjutan Timnas U-19 Apa Kabarnya?

Sementara itu, pelatih TSI U-16 Deris Herdiansyah mengatakan, para pemainnya mendapatkan banyak pelajaran berharga dari laga uji coba ini. Meski hanya melakukan persiapan kurang dari sepekan, para pemain bisa merepotkan pemain timnas. Laga ini akan dijadikan bahan evaluasi.

Bahkan, sejumlah materi yang dia berikan selama persiapan dipraktekkan dengan sangat baik. "Contohnya, kami berhasil mencegah serangan lawan dari tengah. Cuma kami kurang cepat menutup sektor pertahanan saat transisi dari menyerang ke bertahan," Deris menjelaskan.*** Furqon Al Fauzi 

BERITA TERKAIT

news
Pejalan kaki untuk gunung-gunung tropis Indonesia. Mencintai sastra, fanatis timnas Garuda, dan sedang aktif di sepak bola usia dini. Anak pertama dari tiga bersaudara.
Total Komentar 0
Tulis Komentar +
news
ARTIKEL SEBELUMNYA