#1
TOPSKOR   |   Harian Olahraga Pertama di Indonesia


Inilah Faktor yang Bikin Werner Lebih Tajam
21 December 2019 12:16 WIB
LEIPZIG - Timo Werner membuka rahasia mengapa ia jauh lebih tajam musim ini. Striker RasenBallsport (RB) Leipzig itu menyebut pelatih Julian Nagelsmann berperan sangat besar mengubahnya menjadi striker mematikan musim ini.

“Berkat Nagelsmann, saya menjadi lebih serba guna karena taktiknya memungkinkan saya bermain di sejumlah posisi,” ucap Werner yang sudah lima kali mencetak lebih dari satu gol dalam satu laga di Bundesliga musim ini. “Saat melawan tim sekelas Dortmund, saya tidak hanya beroperasi di kiri, kanan, atau tengah. Saya juga mampu menjadi pemain nomor 10 atau striker tunggal.”

Dua gol ke gawang Borussia Dortmund pada laga yang berakhir 3-3, Selasa (17/12) lalu, membuatnya sudah mengoleksi 18 gol hanya dalam 16 pertandingan Bundesliga. Dengan jumlah gol tersebut, Werner kini berada di peringkat kedua daftar torjager kanone (pencetak gol terbanyak) Bundesliga di bawah striker FC Bayern Muenchen, Robert Lewandowski (19 gol).  


Baca Juga :
- Direktur Olahraga Sevilla Bikin Tato, Penuhi Janji terkait Sukses Timnya Juara Liga Europa
- Siara Langsung SCTV Piala Super Eropa: Bayern Muenchen vs Sevilla, Jumat (25/9) Pukul 02.00 WIB

Nagelsmann mulai menangani Die Roten Bullen pada 1 Juli lalu. Mengandalkan formasi tradisional, 4-4-2, pelatih 32 tahun itu mampu merebut 15 kemenangan, enam imbang, dan hanya tiga kali kalah dari 24 pertandingan semua ajang musim ini.

Meskipun memakai formasi konvensional, Nagelsmann ternyata meminta Werner bermain lebih mobil (mudah bergerak, berpindah), tidak terpaku menunggu bola seperti pemain Nomor 9 kebanyakan. “Saat melawan Dortmund, saya diminta untuk menarik pemain belakang mereka keluar dari posisi,” tutur striker timnas Jerman itu.

Dengan dua gol ke gawang Dortmund, Werner berarti sudah mencetak 12 gol dalam tujuh pertandingan terakhir Bundesliga. Sejak pekan ke-10 itu pula, Leipzig tidak terkalahkan dengan mencatat enam kali kemenangan dan hanya sekali membuang poin (dua) saat ditahan Die Borussen.

Berkat rangkaian hasil positif itu pula Lepizig kembali merebut posisi teratas klasemen Bundesliga sejak lepas usai pekan keenam (28 September) lalu. Borussia Moenchengladbach yang sebelumnya memimpin akhirnya tetap menempati peringkat kedua kendati Rabu (18/12) lalu mengalahkan SC Paderborn. Meskipun poin Gladbach sama dengan Lepizig, 34, mereka kalah selisih gol cukup jauh (+13 berbanding +26).

Peluang Leipzig untuk memastikan Herbstmeisterschaft (juara musim gugur Bundesliga) kian terbuka saat menjamu FC Augsburg di Red Bull Arena pada laga pekan ke-17 Bundesliga, Sabtu (21/12). Namun demikian, konsistensi Leipzig dan ketajaman Werner akan benar-benar diuji oleh Augsburg, malam nanti.

Di atas kertas Leipzig memang diunggulkan. Mereka masih menjadi tim tersubur di Bundesliga (45 gol) dan salah satu dari tiga klub yang mampu mencetak 40 gol atau lebih (lainnya Muenchen 44 gol dan Dortmund 40). Dengan baru 19 kali kebobolan, Leipzig menjadi satu dari tiga tim Bundesliga yang kemasukan kurang dari 20 (lainnya: Gladbach 18 dan FC Schalke 04 19).

Leipzig juga hanya sekali kalah dari Augsburg sejak Agustus 2013 (tujuh pertemuan terakhir semua ajang). Mereka juga hanya sekali kemasukan dalam empat duel terakhir. Terpenting, Leipzig tidak pernah kalah bila bertemu Augsburg di Red Bull Arena di ajang Bundesliga (dua menang, satu imbang).


Baca Juga :
- Kali Pertama dalam Sejarah Tak Ada Messi atau Ronaldo dalam Daftar 3 Finalis Pemain Terbaik Eropa 2019/20
- Sergi Roberto Ungkap Barcelona Masih Merasakan Efek Mental Kekalahan dari Bayern Muenchen

Augsburg kini memang hanya di peringkat ke-10 dan terpaut hingga 11 poin dari Leipzig. Tetapi, mereka tidak terkalahkan dalam enam laga terakhir Bundesliga (lima menang, satu imbang). Fuggerstaedter memang sudah tiga kalah dalam delapan laga tandang Bundesliga musim ini. Namun, dalam empat tandang terakhir, mereka selalu merebut poin (dua menang dan dua imbang).

Yang mencengangkan, Augsburg juga tidak kalah dalam enam laga terakhir semua ajang (lima menang satu imbang) dengan mencetak 18 gol. Dalam rentang waktu itu, Augsburg juga mampu membuat empat gol dalam tiga pertandingan.***TRI CAHYO NUGROHO DARI BERBAGAI SUMBER

BERITA TERKAIT

Total Komentar 0
Tulis Komentar +
news
ARTIKEL SEBELUMNYA