#1
TOPSKOR   |   Harian Olahraga Pertama di Indonesia
PSSI Akan Panggil Tiga Klub yang Belum Melunasi Gaji Pemain
16 December 2019 09:36 WIB
JAKARTA - Ketika Liga 1 2019 sudah menyisakan dua laga lagi. Babak baru kembali terjadi. Ya, penunggakan gaji pemain yang menjadi topik panas di pengujung musim ini. sudah jatuh tertimpa tangga mungkin menjadi gambaran pas bagi dua tim yang sudah dipastikan terdegradasi yaitu Semen Padang dan Kalteng Putra.

Beberapa waktu lalu, Asosiasi Pemain Profesional Indonesia (APPI) angkat bicara mengenai kasus tunggakan gaji pemain oleh Semen Padang, Kalteng Putra dan satu lagi masalah yang diterima oleh PS Tira Persikabo. 

Semen Padang menunggak gaji pemain asal Estonia, Tristan Koskor yang bergabung pada awal musim 2019. Begitu juga, Kalteng Putra menunggak gaji David Bala asal Brasil. Sementara itu, Tira Persikabo belum memenuhi hak Elio Bruno Martins pada musim 2017. Kasus penunggakan gaji itu sudah sampai ke FIFA.


Baca Juga :
- Hasil Tes Terbaru, Asisten Pelatih Timnas Gong Oh Kyun Negatif Corona
- Diremehkan Media Argentina, Mateo Bustos Beri Pembelaan Berkelas untuk Liga Indonesia

Akibatnya, baru Semen Padang dan Tira Persikabo dijatuhi sanksi oleh FIFA berupa larangan melakukan aktivitas transfer selama tiga periode hingga 2021 atau sampai kewajiban klub bisa diselesaikan.. Hal itu berlaku di tingkat nasional maupun internasional.

Sekjen APPI M. Hardika Aji mengatakan, posisi APPI sebagai pengawas. Artinya, jika nanti PSSI tidak melaksanakan keputusan FIFA, pihaknya bisa melapor ke FIFA. ’’Karena selama ini banyak keputusan FIFA Dispute Resolution Chamber (DRC) dan FIFA Players Status Committee yang belum dilaksanakan dengan baik oleh federasi (PSSI),’’ katanya.

Sementara itu, Wakil Ketua Umum PSSI Mayjen TNI (Purn) Cucu Somantri mengatakan, pengusutan soal penunggakan gaji pemain sedang dilakukan. PSSI akan memanggil ketiga klub dalam waktu dekat.

“Kami sedang cek masalahnya ke Komite Transfer Pemain. Kami ingin tahu masalahnya di mana, tapi yang penting kami tegas dan jangan ada hal seperti itu lagi ke depannya," ujar Cucu.

Masalah ini setidaknya bisa menjadi pelajaran tiga tim yang berhasil promosi ke Liga 1 musim depan yaitu Persik Kediri, Persita Tangerang, dan Persiraja Banda Aceh. Tim Pendekar Cisadane selain tengah menyiapkan dana, mereka juga sedang dalam tahap pembenahan tim dan stadionnya agar siap untuk mengarungi kompetisi yang akan datang.

Persita salah satunya, tim yang di nakhodai oleh Widodo Cahyono Putro itu sudah mulai menjalani aktivitas untuk kembali berlatih. Hal ini dilakukan untuk menjaga performa timnya agar lebih solid lagi kedepan.

“Jumat (13/12) lalu kami baru kembali berkumpul dan latihan. Kami harus terus fokus membangun tim untuk persiapan ke Liga 1 musim yang akan datang. Selain itu memang kontrak pemain semua selesai di bulan ini (Desember) jadi memang kami akan menjalani latihan terus sambil mungkin menimbang juga pemain mana yang nantinya akan kami pertahankan dan tidak,” ujar Widodo. 


Baca Juga :
- Kocak, Dian Agus Disangka Penjaga Kos dan Dicurhati Para Mahasiswa yang Tinggal di Kos-kosan Miliknya di Ponorogo
- Ritual-ritual Khusus Pemain Liga 1 Sebelum Bertanding

Widodo juga mengaku sudah mempunyai bayangan untuk meracik tim Persita nanti menjadi lebih baik dari sebelumnya. “Kalau mendatangkan pemain untuk musim yang akan ada pasti sudah ada rencana, tetapi untuk saat ini baru ada bayangan saja. Untuk siapa saja pemain nanti yang akan kami datangkan tentu belum bisa kami berikan. Kami juga harus berbicara juga bersama manajeman untuk masalah ini,” katanya.

Selain itu, Media Officer Persita, Yetta Angelina juga mengaku Persita juga sedang membenahi infrastruktur stadion agar sesuai dengan regulasi. “Kemarin LIB juga sudah verifikasi Stadion Sport Center, secara umum baik dan ada beberapa masukan yang nantinya kami akan perbaiki. Kami dari manajeman juga semua berbenah mengenai persiapan jersi hingga sponsor untuk mengarungi Liga 1 musim depan,” kata Yetta.***NIZAR GALANG GANDHIMAR

BERITA TERKAIT

Total Komentar 0
Tulis Komentar +
news
ARTIKEL SEBELUMNYA