#1
TOPSKOR   |   Harian Olahraga Pertama di Indonesia
news
INFOGRAFIS
Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo Bersaing Lagi
13 December 2019 18:37 WIB
TURIN – Fase grup Liga Champions telah berakhir. Laga keenam dari masing-masing grup telah dimainkan. Ada yang aneh tapi tetap menjadi daya tarik setiap kali sebuah fase ajang antarklub Eropa ini berakhir.

Gol Cristiano Ronaldo ke gawang Bayer Leverkusen, Rabu (11/12) lalu membuat penyerang Juventus ini menorehkan gol keduanya dalam fase grup 2019/20. Dengan gol itu pula, CR7 berhasil menyamai torehan gol rival abadinya, Lionel Messi, yang juga hanya mencetak dua gol sepanjang fase grup musim ini untuk
Barcelona.

Ya, dua bintang dunia yang begitu tajam dalam persaingan, termasuk memburu Bola Emas, justru tidak memperlihatkan produktivitas yang tinggi dalam fase grup ini.


Baca Juga :
- Maurizio Sarri Sebal Ballon d'Or Messi Lebih Banyak daripada Ronaldo
- Pacar Ronaldo Mulai Nakal, Pamerkan Kulit Putih Pahanya

Apakah ini menandakan bahwa keduanya memang sudah berada di pengujung masa-masa emas dalam karier masing-masing? Baik Ronaldo dan Messi memang mengawali musim ini dengan fase yang tidak maksimal. Bahkan, CR7 praktis mengalami situasi yang
sangat berat khususnya dalam kariernya di Juventus.

Posisi yang turun peringkat di klasemen Seri A dan sejumlah kebuntuannya dalam mencetak gol di kompetisi domestik tersebut, membuat namanya menjadi sorotan.

Apalagi, semua itu dibumbui dengan pemberitaan terkait hubungannya yang tidak kabarnya tidak harmonis dengan pelatih si Nyonya Besar, Maurizio Sarri. Bagi Sarri, ada momen ketika dia harus menarik pemain untuk dicadangkan karena alasan teknis, tapi bagi CR7, keputusan tersebut tampaknya tidak biasa dalam kariernya.

Situasi tersebut bertambah sulit bagi Ronaldo ketika dirinya dalam dua laga terakhir di Seri A, Juventus tidak mampu meraih kemenangan (sekali imbang dan sekali kalah). Kondisi inilah yang membuat CR7 kemudian menjadi sorotan.

Apalagi, sebelum pertandingan lawan Leverkusen, dia hanya mampu menorehkan satu gol dari lima pertandingan Liga Champions sedangkan rekan setimnya di lini depan seperti Paulo Dybala telah menorehkan tiga gol di ajang ini.

Namun, di luar persaingan dalam tim, perburuan gol di Liga Champions masih sangat berdekatan dengan Messi. Gol Ronaldo ke gawang Leverkusen, membuatnya menambah jumlah golnya di Liga Champions sepanjang kariernya, total 128 gol. Sementara Messi 114 kali mengoyak gawang lawan di ajang ini dalam kariernya.

Ronaldo untuk sementara masih memimpin dalam torehan gol total di Liga Champions. Meski demikian, tidak menutup kemungkinan bahwa jarak 14 gol tersebut dapat dikejar oleh La Pulga.

Dua gol Ronaldo di fase grup kali ini menegaskan bahwa bintang 34 tahun ini masih memiliki potensi untuk bersaing dalam perburuan gol. Hanya, memang, jumlah gol yang diciptakannya dalam dua musim setelah bersama

Juventus terlihat anjlok. Musim lalu, dalam fase grup pula, bintang asal Portugal ini bahkan hanya mencetak satu gol, sebelum akhirnya menambah torehan golnya dalam fase knockout.

Yaitu hattrick ke gawang Atletico Madrid, dan masing-masing satu gol ke gawang Ajax dalam laga kandang dan tandang perempat final. Total, CR7 telah mencetak enam gol pada Liga Champions 2018/19.

Faktanya, enam gol dua musim lalu itu merupakan jumlah paling minim yang ditorehkan Ronaldo dalam satu musim di ajang ini. Ketika masih di Madrid, CR7 selalu mampu mencapai angka dua digit.

Pada musim terakhirnya di Los Merengues (2017/18), Ronaldo yang hanya membawa mantan klubnya itu hingga final, mampu mengukir total 15 gol. Kemungkinan mencetak lebih banyak gol memang dipengaruhi pula pencapaian klub. Musim lalu, Juventus hanya sampai perempat final yang peraktis menutup peluang CR7 menambah golnya.

Kini, persaingan di antara keduanya akan dimulai lagi dalam fase knockout. Masing-masing start dengan dua gol di fase grup. Dalam perjalan persaingan keduanya, ada momen ketika keduanya sama-sama berada dalam jumlah 77 gol di Liga Champions, tepanya pada 2014/15.


Baca Juga :
- Novak Djokovic Berguru dengan Cristiano Ronaldo, Minta Diajarkan Cara Melompat
- Benatia Buka Kartu, Ronaldo Itu Tidak Normal

Meski demikian, sejak itu, CR7 berhasil melesat meninggalkan bintang Barcelona tersebut. Bahkan dalam ukuran semua ajang yang digelar UEFA, Ronaldo total mencetak 131 gol dan Messi 117 gol.

Di ajang Liga Champions, Messi mencetak gol ke-100 dalam kompetisi ini ketika membawa Barcelona menang 3-0 atas Chelsea, pada 14 Maret 2018. Sedangkan Ronaldo lebih dulu mencapai gol ke-100 di Liga Champions, tepatnya bersama Madrid dalam kemenangan 4-2 atas Bayern Muenchen, 18 April 2017. Messi membutuhkan 123 laga untuk mencapai 100 gol tersebut sedangkan Ronaldo hanya perlu 144 pertandingan
Liga Champions.

loading...

BERITA TERKAIT

Penulis
Total Komentar 0
Tulis Komentar +
news
ARTIKEL SEBELUMNYA