#1
TOPSKOR   |   Harian Olahraga Pertama di Indonesia
Asa Mengembalikan Hegemoni Spanyol
13 December 2019 13:06 WIB
MADRID – Fase grup Liga Champions 2019/20 telah berakhir atau telah tersisa 16 klub yang akan berjuang di babak knock out. Dari peserta yang tersisa, empat di antaranya berasal dari Spanyol. Keberhasilan lolos dari setiap perwakilan yang ada itu tentu turut membangkitkan asa untuk menggembalikan hegemoni dari sepak bola Negeri Matador.

Adalah FC Barcelona, Valencia CF, Real Madrid, dan Atletico Madrid yang akan membawa nama Spanyol di pentas Eropa tersebut. Dua nama awal melaju ke 16 besar sebagai pemuncak klasemen di grup (F dan H) yang diisi tim-tim ternama. Sementara dua lainnya lolos sebagai runner-up (A dan D).

Valencia dan Atletico harus mengamankan tempat mereka hingga laga terakhir di fase grup, sedang Barca dan Madrid sudah memastikan diri lebih dulu. Dua raksasa tersebut memang jadi wakil Spanyol paling sukses sebab lolos ke fase gugur pada 15 dari 16 edisi terakhir. Atletico enam dari tujuh dan Valencia tiba usai 16 tahun berlalu.


Baca Juga :
- Kian Seru! Setelah Chelsea dan Spurs, Kini Giliran MU dan Leicester yang Menginginkan Coutinho
- Seru! Barcelona Siap Saingi Dua Raksasa Liga Inggris untuk Dapatkan Kurzawa

Sementara itu 2019/20 jadi kali kelima ada perwakilan Spanyol di babak knock out Liga Champions. Keberhasilan serupa sudah terjadi sejak 2003/04. Kala itu tim yang lolos adalah Madrid, Celta Vigo, Real Sociedad, dan Deportivo La Coruna. Di luar dugaan, nama terakhir jadi yang paling jauh lajunya, tampil mengejutkan usai mengandaskan Juventus FC dan AC Milan.

Butuh lima musim berselang untuk kembali menemui empat klub asal Negeri Matador ada di 16 besar. Atletico, Madrid, Villarreal CF, dan Barca wakil yang berjuang di edisi 2008/09 dan kali ini sukses besar. Barca yang menjalani musim pertama dilatih Josep “Pep” Guardiola berhasil jadi kampiun usai mengandaskan Manchester United.

Pada 2012/13 kesempatan untuk membawa Spanyol balik ke tempat tertinggi terbuka. Namun nahas malah Jerman yang berjaya sebab Barca dan Madrid dikalahkan Bayern Muenchen dan Borussia Dortmund di semifinal. Sedangkan dua tim lain yang juga ada di fase gugur; Valencia dan Malaga CF kandas di 16 dan delapan besar.

Sementara kesempatan terakhir sebelum musim ini terjadi pada 2016/17. Kali ini giliran Madrid yang sukses besar, sekaligus memutus mitos memertahankan gelar. Mereka melumat Juventus FC (yang mendepak Barca, delapan besar) pada final setelah mengandaskan Atletico di semifinal. Sevilla keok sejak awal di tangan Leichester City.* TAUFANI RAHMANDA DARI BERBAGAI SUMBER

 


Baca Juga :
- Kabar Baik untuk Interisti! Agen Bilang Lautaro Martinez Begini
- Valencia Mulai Dekati Dani Ceballos

 

Rapor Saat Empat Wakil Spanyol Lolos Fase Gugur Sebelumnya:
2003/04
Real Madrid (Perempat final)
Celta Vigo (16 Besar)
Real Sociedad (16 Besar)
Deportivo La Coruna (Semifinal)
2008/09
Atletico Madrid (16 Besar)
Real Madrid (16 Besar)
Villarreal CF (Perempat final)
FC Barcelona (Juara)
2012/13
Valencia CF (16 Besar)
Malaga CF (Perempat final)
Real Madrid (Semifinal)
FC Barcelona (Semifinal)
2016/17
Sevilla FC (16 Besar)
FC Barcelona (Perempat final)
Atletico Madrid (Semifinal)
Real Marid (Juara)

BERITA TERKAIT

Total Komentar 0
Tulis Komentar +
ARTIKEL SEBELUMNYA