#1
TOPSKOR   |   Harian Olahraga Pertama di Indonesia


Chelsea Lolos dari Lubang Jarum
12 December 2019 14:18 WIB
LONDON - Chelsea FC berhasil keluar dari lubang jarum dalam perebutan tiket ke-16 besar Liga Champions 2019/20. Tepatnya, usai mengalahkan LOSC Lille 2-1 di Stamford Bridge, Selasa (10/12). Dua gol The Blues dibukukan pada babak pertama lewat Tammy Abraham dan Cesar Azpilicueta. Sementara, balasan tim tamu dicetak Loic Remy.

Kemenangan ini, meski tipis sangat berharga. Sebab, andai seri, Chelsea yang tersingkir. Itu karena pada saat bersamaan, Valencia CF mengalahkan AFC Ajax 2-1. Chelsea pun melaju ke fase knock-out sebagai runner-up Grup H di bawah Valencia. Sejatinya, nilai mereka sama dengan Valencia. Bahkan, unggul produktivitas gol. Namun, Chelsea kalah head to head dari Los Ches setelah takluk 0-1 di Stamford Bridge dan bermain 2-2 di Mestalla.

Christian Pulisic dan kawan-kawan pun menggenapi empat wakil Inggris yang lolos ke 16 besar. Dua pekan lalu, Manchester City FC dan Tottenham Hotspur FC sudah memastikan tiket. Liverpool FC turut menyusul usai menang 2-0 di markas Red Bull Salzburg


Baca Juga :
- Julen Lopetegui Jelang Piala Super Eropa: Bayern Muenchen adalah Tim Terbaik Saat Ini
- Jadwal Liga Spanyol Hari Ini, Sabtu 19 September

Kredit khusus ditujukan untuk Pulisic yang memberi warna atas kelolosan Chelsea. Memang, penyerang sayap berkebangsaan Amerika Serikat (AS) ini memang tidak mencetak gol atau assist. Namun, Pulisic sukses mendistribusikan bola dalam serangan The Blues. Kreativitasnya itu membuatnya pantas jadi pengganti Eden Hazard yang musim panas lalu hijrah ke Real Madrid CF.

Pujian juga layak disematkan terhadap Abraham. Sebab, jebolan akademi Chelsea itu sudah mencetak 13 gol sepanjang musim ini. Abraham 11 kali merobek gawang lawan di Liga Primer dan dua lagi di Liga Champions. Ini menarik, mengingat pemain 22 tahun itu awalnya tidak diproyeksikan sebagai produsen gol untuk Chelsea.

Namun, sanksi di bursa transfer musim panas lalu membuat Lampard akhirnya memaksimalkan potensinya. Kendati, ketajaman Abraham bukan tiba-tiba. Sebab, musim lalu, dia sukses mencetak 25 gol untuk Aston Villa FC yang menjadikannya pemain tersubur kedua di Championship di bawah striker Norwich City FC, Teemu Pukki, dengan 29 gol.

Legenda hidup tim nasional (timnas) Inggris, Rio Ferdinand, sangat mengapresiasi kesuburan Abraham. Wajar, mengingat musim ini jadi debut Abraham di Liga Champions. “Saya sangat mengagumi insting Abraham dalam mencetak gol. Dia bisa mencetak gol pada setiap level yang membuatnya masuk ke skuat utama,” kata Ferdinand yang memperkuat Manchester United (MU) FC pada 2002-2014.

Di 16 besar, status sebagai runner-up grup membuat Chelsea bakal mendapat lawan yang cukup berat pada undian 16 besar. Bisa dipahami lawannya merupakan juara grup. Tetapi, sesuai regulasi, The Blues tidak bisa bertemu juara grup yang satu negara dengan mereka (Inggris), yakni Man. City (C) dan Liverpool (E). Mereka juga tidak bisa melawan Valencia karena masih satu grup (H).


Baca Juga :
- Cristiano Ronaldo dan Messi Tak Masuk Nominasi Pemain Terbaik Liga Champions 2019/20, Muenchen Mendominasi
- Ini Fakta bahwa Gareth Bale adalah Legend di Madrid

Pada undian 16 besar di markas UEFA, Nyon, Swiss, Senin (16/12) nanti, Chelsea kemungkinan bisa bertemu salah satu dari Paris Saint Germain/PSG (juara Grup A), FC Bayern Muenchen (B), Juventus FC (D), FC Barcelona (F), atau RB Leipzig (G).*CHOIRUL HUDA DARI BERBAGAI SUMBER

 

BERITA TERKAIT

Total Komentar 0
Tulis Komentar +
news
ARTIKEL SEBELUMNYA