#1
TOPSKOR   |   Harian Olahraga Pertama di Indonesia
news
Lawan Inter, Barca Rotasi Besar-besaran
10 December 2019 13:27 WIB
MILAN – FC Barcelona akan menutup lajunya pada fase grup Liga Champions 2019/20 dengan tandang ke FC Internazionale, Selasa (10/12) atau Rabu dini hari WIB. Meski duel di Stadion Giuseppe Meazza berstatus bigmatch, mereka kemungkinan akan melakukan rotasi besar-besaran. Itu karena Barca sudah lebih dulu memastikan lolos sebagai juara Grup F.

Barca telah mengoleksi 11 poin dari tiga kemenangan dan dua hasil seri. Secara matematis angka itu sudah tak bisa dikejar dua pesaing terdekat; Inter dan Borussia Dortmund, yang masih berjuang meraih tiket kedua lolos ke fase gugur. Kans rotasi pun kian besar mengingat tim berjuluk Los Azulgrana ini punya jadwal penting setelahnya. Sepekan ke depan mereka harus menjalani dua laga penting di LaLiga: tandang ke Real Sociedad (14/12) dan El Clasico, menjamu Real Madrid (18/12).

Karenanya melawan Inter nanti, meski tentu tak mau kehilangan muka, pelatih Ernesto Valverde kemungkinan tak akan menguras tenaga para pemain pentingnya. Setidaknya Barca akan mengistirahatkan hingga sembilan pilarnya yang tersebar di berbagai posisi.


Baca Juga :
- Maurizio Sarri Sebal Ballon d'Or Messi Lebih Banyak daripada Ronaldo
- Messi Main Bagus Barcelona Tetap Kalah, Begini Penyebabnya

Marc-Andre Ter Stegen menjadi nama terdepan yang pasti dirotasi. Sang kiper adalah pemain paling lelah sejauh musim ini, usai tak pernah melewatkan satu menit pun waktu main; melakoni 1.800 menit di 20 laga. Posnya akan diisi Norberto Neto yang juga berarti debut duel resmi, setelah bisa tampil meyakinkan pada pramusim.

Berikutnya ada Sergi Roberto yang telah bekerja lebih ekstra sejak 9 November, atau pasca cedera menghantam Nelson Semedo. Moussa Wague akan mengisi posisi bek kanan. Bek yang baru diorbitkan dari tim muda ini sudah sempat starter saat ada rotasi melawan CD Leganes di LaLiga (23 November) dan tampil semenit terakhir saat lawan Dortmund.

Sementara, duet Gerard Pique dan Clement Lenglet di jantung pertahanan pun akan dikesampingkan, menggantikannya dengan Samuel Umtiti dan Jean-Clair Todibo. Bek tim muda Ronald Araujo (20 tahun) kemungkinan akan dibawa jadi pelapis. Di lini tengah, Arturo Vidal-Alena bisa ditampilkan demi mengistirahatkan Sergio Busquets-Ivan Rakitic.

Untuk barisan depan, Lionel Messi dan Luis Suarez akan dirotasi dan kembali menurunkan Carles Perez dan Ansu Fati sejak awal. Khusus nama terakhir, pun serupa Arthur Melo, keterlibatannya akan ditentukan sesuai kondisi kepulihan cederanya. Para pemain dari Barca B seraya Riqui Puig, Hiroki Abe, dan Alex Collado juga mungkin saja disertakan Valverde.

Griezmann Tidak

Rotasi besar yang bakal diterapkan Los Azulgrana nampaknya tidak akan “menyentuh” sosok Antoine Griezmann. Ia akan tetap diturunkan lawan Inter sebab terus bisa tampil bagai mesin dalam kariernya. Di klub (termasuk kala membela Atletico Madrid-Real Sociedad) dan tim nasional (Prancis), ia bisa terus tampil bugar untuk bisa diandalkan.

Musim ini ia sudah melakoni 19 pertandingan (dari 20), dan 18 di antaranya jadi starter atau ada 1.506 menit main membela Barca. Faktanya dalam 11 musim terakhir di level senior klub, keterlibatan penyerang yang disapa Grizzi ini hanya dua kali tidak mencapai 90 persen; 2012/13 di Sociedad (87 persen) dan 2017/18 bersama Atletico (83).


Baca Juga :
- Cristiano Ronaldo Lebih Tajir dari Lionel Messi
- Statistik Striker Die Bayern Ini Menakjubkan

Untuk timnas rapornya bahkan lebih luar biasa lagi. Sepanjang musim ini rasio keterlibatannya mencapai 100 persen, dan itu sudah terjadi selama tiga musim terakhir. Satu-satunya tingkat partisipasi Griezmann yang berada di bawah 90 persen untuk Les Bleus –julukan Prancis– terjadi pada 2016/17, yakni 81 persen.*** TAUFANI RAHMANDA DARI BERBAGAI SUMBER

 

loading...

BERITA TERKAIT

Total Komentar 0
Tulis Komentar +
news
ARTIKEL SEBELUMNYA