#1
TOPSKOR   |   Harian Olahraga Pertama di Indonesia


Persipura-Tolikara Putri Tolak Aturan Agregat Gol Ala PSSI
07 December 2019 22:15 WIB

BIAK – Tuan rumah Persipura Jayapura-Tolikara Putri dan lawannya TIRA-Persikabo Kartini harus menunda kepastian lolos tidaknya ke babak final Kompetisi Liga 1 Putri 2019. Pasalnya kedua tim berbeda pendapat terkait regulasi PSSI bernomor 5308/AGB/1641/XII-2019, yang tertulis bahwa pertandingan semifinal  dua leg Liga 1 Putri 2019 digelar tanpa memperhitungkan agregat gol tandang. 

Kubu Persipura Jayapura-Tolikara Putri bersikeras bahwa timnyalah yang berhak lolos ke babak final berkat keunggulan agregat gol tandang lebih bagus 5-4 di Bogor, meski takluk di Biak 1-2. Namun silangg pendapat antara kedua kubu tim dengan perangkat pertandingan hampir dua jam, akhirnya tak menemukan titik temu. 

“Kamai ini korban sistem agregat gol tandang ala PSSI.  Bagaiana tidak, merekw (PSSI) justru merubah aturan di saat tengah kompetisi, dan tidka disosialisasikan sejak awal atau sebelum kompetisi.  Bahkan surat dari PSSI nomor 5308/AGB/1641/XII-2019 itu baru diberikan ke tim setelah selesai pada semifinal leg pertama. Jadi kamilah yan gharus lolos ke babak final sesuai regulasi FIFA. Jelas khan, peraturan gol tandang adalah aturan sudah baku FIFA. Memang ada agregat gol imbang 6-6, tetapi peraturan gol tandang harus tetap diberlakukan, kami lolos ke final karena berhasil mencetak lima gol saat laga tandang di Bogor. Sementara TIRA-Perikabo hanya cetak dua gol tandang di Biak,jadi untuk apa ada adu penalti segala,” tegas Manajer tim Persipura-Tolikara, Usman Genongga Wanimbo, kepada TopSkor.id.

Laga babak semifinal leg-2 selama 90 menit sendiri, di Stadion Cendrawasih, Biak, Biak Numfor, Papua (07/12/2019) sore berkesudahan 2-1 untuk kemenangan TIRA-Persikabo  Kartini. Keduia tim mencatat agregat gol imbang 6-6, sehingga harus dilanjutkan dalam drama adu penalti. Sebab pada laga semifinal Leg-1 (01/12/2019), di Stadion Pakansari, Cibinong, Kabupaten Bogor, TIRA-Persikabo  takluk di tangan Persipura-Tolikara 4-5. 

“Kami tak ingin berkomentar banyak  terkait Persipura Jayapura-Tolikara Putri yang tidak ingin melanjutkan pertandingan. Khan waktu sesi TMT (technical meeting,red) sehari sebelum pertandingan kita sudah sepakati rilis PSSI 5308/AGB/1641/XII-2019, bahwa pertandingan semifinal  dua leg Liga 1 Putri 2019 digelar tanpa memperhitungkan agregat gol tandang. Jika hasil pertandingan ada agregat gol total imbang, maka akan dilanjutkan langsung dengan adu tendangan pinalti tanpa adanya perpanjangan waktu. Tetapi tiba-tiba Persipura-Tolikara Putri tidak mau melanjutkan pertandingan dengan berbagai alasan dan itu tidak bisa saya jelaskan. Biarkanlah hal tersebut menjadi urusan Komisi Disiplin PSSI," timpal  Esti Puji Lestari, General Manager TIRA-Persikabo Kartini.

Hasil Liga 1 Putri 2019 Semifinal Leg-2
Sabtu 07 Desember 2019 

Stadion Gajayana, Malang 
Arema FC Putri  vs Persib Bandung Putri 0-0 

Stadion Cendrawasih, Biak, Biak Numfor, Papua (15.00 WIB)
Persipura Jayapura-Tolikara Putri  vs TIRA-Persikabo Kartini 1-2 (tunda untuk adu penalti)

Hasil laga Semifinal Leg-1 
Minggu 01 Desember 2019 

Stadion Pakansari, Cibinong, Kabupaten Bogor 
TIRA-Persikabo  Kartini vs Persipura Jayapura-Tolikara Putri  4-5

Stadion Silwangi, Bandung 
Persib Bandung Putri vs Arema FC Putri  2-0

BERITA TERKAIT

news
__backpacker-nya Top Skor di Jawa Timur dan sekitarnya__(that's one thing you learn in sports, you don't give up and you fight to the finish)
Total Komentar 0
Tulis Komentar +
ARTIKEL SEBELUMNYA