#1
TOPSKOR   |   Harian Olahraga Pertama di Indonesia
news
Kans Muenchen Juara Bundesliga Mengecil dibanding Sebelumnya
07 December 2019 13:10 WIB
MOENCHENGLADBACH - Tidak ada yang mampu mengusik FC Bayern Muenchen di posisi puncak di klasemen akhir Bundesliga dalam tujuh tahun terakhir. Namun, kalkulasi yang dilansir sebuah saluran televisi di Jerman memunculkan hasil di luar dugaan. Kans The Bavarians untuk merebut gelar kedelapan Bundesliga secara beruntun, musim ini, tidak lebih dari 10 persen. Tepatnya hanya tujuh persen!

Borussia Moenchengladbach yang kini memuncaki klasemen memiliki peluang terbesar (55 persen) diikuti tim peringkat kedua dan ketiga, RB Leipzig (18 persen) dan FC Schalke 04 (14 persen). Tapi, statistik ini tidak bisa dijadikan acuan karena dibuat berdasarkan tren sepanjang sejarah Bundesliga serta hanya menurut posisi di klasemen. Jumlah poin yang diraih tidak masuk hitungan.

Tren tersebut menunjukkan lebih dari 50 persen tim yang berada di puncak klasemen pada pekan ke-13 berhasil keluar sebagai juara. Sebaliknya, tidak pernah ada kasus tim-tim yang menempati peringkat kelima dan keenam pada pekan ke-13, mampu memenangi gelar Meisterschaft di akhir musim.


Baca Juga :
- Tiga Penyerang Ini Pantas Dilirik Dortmund untuk Gantikan Sancho
- Coutinho Bisa Lebih Mematikan ketimbang Gnabry

Karenanya, tidak heran jika peluang Borussia Dortmund (dua persen) dan SC Freiburg (dua persen) yang menempati peringkat kelima dan keenam, lebih kecil daripada Bayer Leverkusen (empat persen) yang berada di peringkat ketujuh. Karena itu pula Muenchen tidak perlu berkecil hati. Peluang mereka akan meningkat lagi jika bisa mengalahkan Gladbach di Borussia Park, Sabtu (7/12).

Pertandingan ini memang sangat krusial bagi Muenchen yang kini terpaut jarak empat poin dengan Gladbach. Kemenangan dalam laga ini bakal membuat jarak itu menyempit jadi satu poin. Sebaliknya jika kalah, Die Bayern bakal semakin tertinggal dalam pacuan gelar dengan jarak tujuh poin dari puncak.

Muenchen memiliki catatan positif lawan Gladbach di Bundesliga dengan 49 kali menang dan hanya 24 kali kalah dalam 102 pertemuan. Tapi, mereka tengah terpukul oleh kekalahan 1-2 dari Leverkusen akhir pekan lalu. Di pihak lain, Die Fohlen hanya sekali kalah dalam lima laga terakhir dan lima kali menang dalam tujuh laga di Borussia Park musim ini.

Muenchen juga 20 kali kalah dalam 51 laga tandang kontra Gladbach di Bundesliga. Ini rekor terburuk dibandingkan dengan semua lawan Die Fohlen lainnya. Torehan rata-rata 1,1 per laga di Borussia Park juga yang terburuk bagi Die Bayern di antara semua kandang lawan yang minimal telah lima kali mereka kunjungi.

Ambisi Muenchen untuk memperbaiki catatan tersebut kali ini akan kian sulit karena mesin gol Robert Lewandowski tengah “macet.” Setelah selalu mencetak gol dalam 11 laga pertama Bundesliga dengan total 16 gol, striker 31 tahun ini mengalami kebuntuan dalam dua laga terakhir lawan Fortuna Duesseldorf dan Leverkusen.

Lewandowski juga punya rekor yang kurang meyakinkan kontra Gladbach. Dalam 15 pertemuan sebelumnya dengan Die Fohlen bersama Dortmund dan Muenchen, pemain asal Polandia ini hanya enam kali menang dan tujuh kali kalah. Dia juga hanya mampu mencetak gol dalam tiga pertemuan di antaranya dengan total empat gol.

Terlepas dari semua faktor yang kurang mendukung tersebut, pelatih karteker Hansi Flick tetap optimistis Muenchen bisa meraih poin penuh lawan Gladbach. “Tim saya punya banyak kualitas. Kami bisa mengalahkan siapapun,” ujarnya. “Laga lawan Leverkusen menunjukkan kami berada di jalur yang benar meki kalah. Akan sangat penting bagi kami untuk lebih sedikit banyak ruang buat Gladbach daripada saat melawan Leverkusen.”

Flick mengambil alih kursi pelatih Muenchen dari tangan Niko Kovac yang dipecat 3 November lalu. Dia membuat start impresif dengan memenangi keempat laga pertama dengan mencetak 16 gol tanpa kebobolan satu pun. Tapi, kekalahan dari Leverkusen akhir pekan lalu membuat Die Bayern turun ke peringkat keempat.


Baca Juga :
- Problem Pertahanan Muenchen Bisa Tuntas bila Mampu Merekrut Bek-bek Ini
- Lagi! Bayern Munchen Kembali Dapatkan Pemain Masa Depan Jerman dari Schalke

“Muenchen selalu menargetkan untuk menjadi juara dan skuat kami punya kualitas yang dibutuhkan untuk itu,” ucap Flick. “Tapi, ada sejumlah tim yang menunjukkan peningkatan kualitas luar biasa musim ini. Semua itu membuat Bundesliga jadi lebih menarik.”

Di kubu Gladbach, pelatih Marco Rose mengaku sangat respek terhadap Muenchen. Tapi, sikap itu tidak mengurangi kepercayaan dirinya. Muenchen sangat kuat dalam menekan dan mendominasi pertandingan. Mereka boleh dibilang punya DNA untuk menang dan jadi juara,” tuturnya.***RIJAL ALFURQON DARI BERBAGAI SUMBER

loading...

BERITA TERKAIT

Total Komentar 0
Tulis Komentar +
news
ARTIKEL SEBELUMNYA