#1
TOPSKOR   |   Harian Olahraga Pertama di Indonesia


Pemerintah Bavaria Dukung Mueller Kembali ke Timnas Jerman
05 December 2019 13:15 WIB
MUENCHEN - Bayerischen Verdienstorden atau Bintang Jasa Bavaria untuk Thomas Mueller tidak berarti penghargaan semata. Saat memberikan penghargaan itu kepada Mueller, Kepala Pemerintahan Negara Bagian (Ministerprasident) Bavaria Markus Soeder langsung menyatakan dukungan agar penyerang FC Bayern Muenchen itu kembali ke tim nasional Jerman.

“Dalam skuat Muenchen, Anda warga Bavaria sejati di antara para pemain hebat dari seluruh dunia. Anda adalah duta Bavarian yang hebat,” kata Soeder, Selasa (3/12) lalu.

Mueller termasuk dalam daftar pemain veteran yang “disingkirkan” pelatih Joachim Loew dari skuat Die Mannschaft bersama Jerome Boateng dan Mats Hummels. Kali terakhir Mueller membela Tim Panser adalah saat melawan Belanda di fase grup Liga Negara-negara Eropa (LNE) 2018/19 pada November 2018.


Baca Juga :
- Julen Lopetegui Jelang Piala Super Eropa: Bayern Muenchen adalah Tim Terbaik Saat Ini
- Lewandowski Digugat Rp 154 Miliar dengan Tuduhan Pengalihan Uang Ilegal

Publk Jerman juga tahu bila Mueller menjadi bagian penting dari skuat tim nasional Jerman yang memenangi Piala Dunia 2014 di Brasil. Dia sendiri telah bersinar di pentas sepak bola tertinggi itu empat tahun sebelumnya dengan meraih gelar top scorer dan Pemain Muda Terbaik Piala Dunia 2010 di Afrika Selatan.

Belakangan, performa Mueller dinilai menurun karena kurangnya kesempatan bermain di Muenchen. Kendati begitu, dalam beberapa hari terakhir Mueller menunjukkan peningkatan performa. Sabtu (30/11) lalu, ia menghapus paceklik gol dalam 21 pertandingan beruntun Bundesliga dengan menjebol gawang Bayer Leverkusen.

“Setahu saya, Kanselir (Angela Merkel) juga pengagum berat Mueller. Jika kami menghadapi Prancis di Muenchen tahun depan (pada Piala Eropa 2020), akan terasa sangat janggal jika tanpa Mueller. Kami akan mendesak dia dikembalikan ke timnas. Kami akan buat petisi,” kata Soeder.

Bintang Jasa Bavaria yang diterima Mueller adalah penghargaan yang sangat istimewa dan eksklusif. Pada satu periode yang sama hanya boleh ada maksimal 2.000 orang yang masih hidup yang memiliki penghargaan ini. Mueller mengikuti jejak mantan gelandang Muenchen, Bastian Schweinsteiger, yang meraih tanda kehormatan ini pada musim panas 2018.

Mueller adalah satu dari dua olahragawan yang dianugerahi Bintang Jasa Bavaria kali ini bersama peraih medali emas Paralimpiiade, Anna Schaffelhuber. Penghargaan ini juga diberikan kepada dua orang lainnya yang merupakan politisi.

Lahir di Weilheim in Oberbayern, sebelah selatan negara bagian Bavaria pada 1989, Mueller bergabung dengan Akademi Muenchen pada 2000. Setelah membuat debut di tim senior Die Bayern pada Agustus 2008, kariernya terus meningkat. Dia berperan besar dalam sukses Muenchen memenangi delapan gelar Bundesliga, lima Piala Jerman, dan satu trofi Liga Champions sejak 2009/10.


Baca Juga :
- Cristiano Ronaldo dan Messi Tak Masuk Nominasi Pemain Terbaik Liga Champions 2019/20, Muenchen Mendominasi
- Total 235 Laga, 31 Gol, dan 37 Assist, Thiago Ucapkan Perpisahan

“Penghargaan ini kehormatan besar bagi saya, saya tidak menyangkanya,” ucap Mueller. “Saya sangat dekat dengan Bavaria. Warga Bavaria adalah gabungan antara pribadi-pribadi terhormat adalah orang-orang yang tidak melupakan tetangga dan selera humor mereka. Saya berusaha untuk selalu jadi sosok Thomas Mueller yang sama sepanjang 30 tahun terakhir ini.”*RIJAL ALFURQON DARI BERBAGAI SUMBER

 

BERITA TERKAIT

Total Komentar 0
Tulis Komentar +
news
ARTIKEL SEBELUMNYA