#1
TOPSKOR   |   Harian Olahraga Pertama di Indonesia
news
Mourinho Lebih Sering Mendominasi Bekas Klubnya
04 December 2019 13:25 WIB
MANCHESTER - Setelah hampir setahun, Rabu (4/11) malam nanti, Jose Mourinho untuk kali pertama mengunjungi Stadion Old Trafford. Bedanya, kali ini ia akan datang sebagai pelatih Tottenham Hotspur FC, calon lawan tim tuan rumah Manchester United FC (MU).

Pada Agustus 2018, Spurs yang masih ditangani pelatih Mauricio Pochettino menundukkan MU arahan Mourinho di Old Trafford, 3-0. Secara eksplisit kekalahan tersebut menjadi awal tanda berakhirnya era Mourinho di MU. Empat bulan kemudian, MU terbukti memecat pelatih asal Portugal tersebut.

Malam nanti, posisi Mourinho pada 16 bulan lalu bisa saja dialami oleh pelatih MU, Ole Gunnar Solskjaer. Untuk laga malam nanti, Solskjaer harus lebih waspada bila melihat rekor Mou.


Baca Juga :
- MU Kehilangan Rashford 3 Bulan, Solskjaer Uring-uringan
- Taklukkan Setan Merah, Begini Kata Jurgen Klopp

Sejak menggantikan Pochettino, 20 November lalu, Mou memenangi semua tiga pertandingan semua kompetisi dengan mencetak 10 gol dan kemasukan enam. Tetapi, Solskjaer dan MU bakal lebih terkejut melihat catatan Mou setiap melawan bekas klub-klubnya.

Menjelang duel melawan MU, Mou sudah 32 kali melawan bekas klub-klubnya. Dari jumlah itu, Mou mampu 18 kali menang dan hanya delapan kali menelan kekalahan. Pelatih 56 tahun itu kali pertama menghadapi mantan klubnya saat UD Leiria yang dilatihnya mampu menahan SL Benfica pada 2001.

Kali terakhir Mou melawan mantan klubnya juga berujung hasil imbang, Itu terjadi pada Oktober 2010 saat MU yang dilatih Mou menahan Chelsea FC 2-2. Kekalahan terbesar dari mantan klub dialami Mou juga saat melawan Chelsea. Saat kali pertama kembali ke Stamford Bridge pada Oktober 2016, MU arahan Mou dihajar 0-4 oleh Chelsea yang saat itu ditangani Antonio Conte.

Mou juga bisa membuat rekor bila mampu menang atas tim yang pernah ditanganinya selama dua tahun itu (2016-2018). Ia akan menjadi pelatih ketiga di Liga Primer yang mampu menang saat tandang ke Old Trafford dengan dua klub berbeda. Sebelumnya, hanya Marin O’Neill (Leicester City, 1998 dan Aston Villa, 2009) dan Rafa Benitez (Liverpool FC, 2009 dan Chelsea, 2013) yang mampu melakukannya.

Kemenangan pertama Mou di Old Trafford sebagai lawan terjadi pada 10 Mei 2005. Datang dengan status juara Liga Primer 2004/05 bersama Chelsea, Mou menang 3-1 berkat gol-gol yang dicetak Tiago, Joe Cole, dan Eidur Gudjohnsen setelah sempat tertinggal oleh gol Ruud Van Nistelrooy.

“Kami akan ke kandang Chelsea pada akhir Desember. Jika laga ini digelar besok, kami pasti bakal lebih termotivasi untuk memangkas selisih enam poin dengan mereka,” ujat Mou.

Jika Mou akan datang ke Old Trafford dengan rekor impresif, hal sebaliknya dialami Solskjaer. Hasil imbang melawan Aston Villa FC, 2-2, akhir pekan lalu membuat Solskjaer hanya empat kali menang dalam 18 pertandingan Liga Primer terakhir.

Rekor buruk pelatih asal Norwegia tersebut tidak sampai di situ. Ia juga memegang rekor terburuk di antara pelatih MU sejak era Sir Alex Ferguson dengan parameter 22 pertandingan awal Liga Primer (atau kompetisi tertinggi Inggris) setelah diangkat menjadi pelatih resmi.

Persentase kemenangan Ferguson mencapai 40,9 persen saat debut menangani Setan Merah dengan sembilan kali menang, delapan seri, dan lima kalah dari 22 laga pertama. David Moyes (11 menang, empat imbang, tujuh kalah), Louis Van Gaal (11 menang, tujuh imbang, empat kalah), dan Mou (11 menang, delapan imbang, tiga kalah) masing-masing mengantongi persentase kemenangan 50 persen.


Baca Juga :
- Pogba Pakai Kruk Tiba di Paris Bersama Istrinya, Ini yang Dilakukan
- Jadwal Siaran Langsung Liga Inggris, Duel Menarik Liverpool vs Manchester United

Bandingkan dengan persentase kemenangan Solskjaer yang hanya 27,3 persen karena cuma enam kali menang dan masing-masing mengalami delapan hasil imbang dan kekalahan dari 22 pertandingan awal liga.*TRI CAHYO NUGROHO DARI BERBAGAI SUMBER     

 

loading...

BERITA TERKAIT

Total Komentar 0
Tulis Komentar +
news
ARTIKEL SEBELUMNYA