#1
TOPSKOR   |   Harian Olahraga Pertama di Indonesia


Alisson Pantas Raih Status Kiper Terbaik
04 December 2019 13:23 WIB
PARIS – Alisson Becker menorehkan namanya dalam sejarah. Pemain Liverpool FC itu dianugerahi Yachine Trophy sebagai kiper pria terbaik di dunia oleh majalah France Football pada Senin (2/12) malam. Alisson mengungguli dua rivalnya, penjaga gawang FC Barcelona, Marc-Andre Ter Stegen dan Ederson Moraes dari Manchester City FC.

Alisson merupakan sosok penting dalam kemenangan Liverpool di final Liga Champions 2018/19, sekaligus atas sukses timnya dalam meraih 97 poin di Liga Primer musim lalu. Dia juga memainkan setiap menit pertandingan timnas Brasil ketika juara Piala Amerika musim panas lalu, mencatat lima clean sheet dan hanya kebobolan satu kali.

Yachine Trophy ini adalah penghargaan khusus untuk para penjaga gawang dalam gelaran seremoni Ballon d'Or - dinamai untuk menghormati kiper legendaris Rusia, Lev Yashin. Trofi ini mengikuti penghargaan lain yang juga telah diterima Alisson sebagai Kiper Terbaik Liga Champions Musim Ini dan penghargaan Kiper Pria Terbaik FIFA.


Baca Juga :
- Thiago Akhirnya Resmi Mengenakan Kostum Liverpool, Klopp pun Senang
- Ban Mobilnya Kempis, Mohamed Salah Terpaksa Pulang Menumpang Truk

“Merupakan kehormatan besar bagi saya bisa berada di sini bersama pemain-pemain hebat, pria dan wanita,” kata Alisson setelah menerima penghargaan itu dalam acara seremonial di Theatre du Chatelet di Paris, Prancis.

“Saya tidak saja merasa beruntung, saya merasa sangat diberkati dan karenanya sangat bersyukur! Saya berterima kasih kepada keluarga dan seluruh rekan setim saya, kepada semua staf Liverpool dan timnas Brasil. Terima kasih banyak,” ujar kiper yang berada di urutan ketujuh dalam peringkat Ballon d'Or itu secara keseluruhan menambahkan.

Saat itu pula Alisson menyerukan agar pengakuan sama diberikan kepada para kiper wanita tahun depan. Meski telah memperkenalkan Ballon d'Or Wanita pada 2018, dengan bintang Lyon, Ada Hegerberg, meraihnya, dan tahun ini kapten AS, Megan Rapinoe, France Football belum mengakui pemain atau kiper wanita terbaik.

“Ya, mengapa tidak? Kami bicara tentang membuat segalanya (pada) level yang sama, baik wanita maupun pria,” kata Allison. “Saya tidak tahu mengapa itu tidak terjadi pada pemain wanita juga. Seharusnya itu sudah diperhitungkan.”

Alisson juga ditanya tentang peralihannya dari 'penjaga gawang' AS Roma di belakang Wojciech Szczesny sebelum kedatangannya di Stadion Anfield, untuk kemudian menjelma sebagai bagian integral dari skuat Juergen Klopp dan musim ini berpeluang merengkuh gelar Liga Primer yang telah lama dinanti.

Kiper 27 tahun itu mengakui transformasi itu hanya sebagai hasil dari kesempatan yang  rutin diterimanya untuk menunjukkan kualitasnya. Yang pada akhirnya menempatkan namanya di atas para koleganya di Liga Primer seperti Kepa Arrizabalaga, Ederson Moraes, dan Hugo Lloris.

Hanya ada masalah kecil. Alisson agak sedikit bergulat dengan kenyataan. Performanya musim ini tidak sebagus musim lalu. Dia tidak mampu mencatatkan aksi clean sheet dalam setiap pertandingan yang dimainkannya. Situasi diperparah dengan dia terpaksa absen dua bulan akibat cedera betis yang dialaminya pada awal musim 2019/20.

Puncaknya, Alisson bahkan diganjar kartu merah dalam pertandingan lawan Brighton & Hove Albion FC pada Sabtu (30/11) lalu, lantaran memegang bola di luar kotak penalti. Alhasil kiper bertinggi badan 191 cm itu tidak bisa dimainkan dalam Derbi Merseyside menghadapi Everton di Anfield pada Rabu (4/12) atau Kamis dini hari WIB.

Catatan clean sheet itu pun sangat memengaruhi performa The Reds. Mereka menjalani 12 pertandingan terakhir di semua kompetisi tanpa sekali pun bisa mempertahankan gawang dari kebobolan. Bahkan tujuh tim yang bertandang ke Anfield sepanjang musim ini, dipastikan pulang dengan mengantongi gol tandang dalam statistik mereka.***NURUL IKA HIDAYATI

Statistik Alisson Becker di Level Klub dan Timnas
(Sejak 2018/19)

Liverpool
Laga: 62
Clean sheet: 29
Kebobolan: 43
Trofi: Liga Champions 2018/19, Piala Super Eropa 2019

Timnas Brasil*
Laga: 11
Clean sheet: 8
Kebobolan: 4
Trofi: Piala Amerika 2019

*Di ajang kompetitif.

Mereka yang Dikalahkan Alisson Becker*

Marc-Andre Ter Stegen (Barcelona – Timnas Jerman)
Laga: 69
Clean sheet: 29
Kebobolan: 63
Trofi: La Liga 2018/19

Ederson Moraes  (Man. City – Timnas Brasil)
Laga: 74
Clean sheet: 37
Kebobolan: 53
Trofi: Liga Primer 2018/19, Piala Amerika 2019

*Statistik bersama klub dan timnas sejak 2018/19.


Baca Juga :
- Total 235 Laga, 31 Gol, dan 37 Assist, Thiago Ucapkan Perpisahan
- Julia Vigas Wags Thiago Alcantara adalah Pemilik Hotel, Ingin Suaminya Kembali ke Barcelona

 

 

BERITA TERKAIT

Total Komentar 0
Tulis Komentar +
ARTIKEL SEBELUMNYA