#1
TOPSKOR   |   Harian Olahraga Pertama di Indonesia
news
Man. United Harus Waspadai Rekor Mourinho Ini
03 December 2019 13:25 WIB
LONDON - Baru sekitar dua pekan lalu Jose Mourinho untuk kali pertama memimpin latihan Tottenham Hotspur FC. Di depan para pemain Spurs, Mourinho tidak menjanjikan bisa merebut gelar Liga Primer. Namun, ia optimistis mampu mengembalikan posisi The Lilywhites ke empat besar Liga Primer.

Saat resmi ditunjuk sebagai pelatih menggantikan Mauricio Pochettino, 20 November lalu, Spurs berada di peringkat ke-14 Liga Primer dengan 14 poin dari 12 laga. Mereka saat itu terpaut hingga 11 poin dari batas akhir zona Liga Champions (empat besar Liga Primer).

Mourinho mulai berada di sisi lapangan Spurs pada 23 November lalu, saat mengalahkan West Ham United, 3-2, pada laga pekan ke-13 Liga Primer. Tiga poin atas AFC Bournemouth, juga dengan skor 3-2, Sabtu (30/11) lalu, menjadi kemenangan beruntun ketiga dalam tiga pertandingan awal Mourinho di Spurs. Kemenangan terakhir itu membawa Spurs ke peringkat kelima dengan 20 poin alias hanya enam angka dari batas akhir zona Liga Champions yang diduduki Chelsea FC.


Baca Juga :
- Kiper MU Kecelakaan, Lamborghini Seharga Rp 3,1 Miliar Ringsek
- MU Kehilangan Rashford 3 Bulan, Solskjaer Uring-uringan

Satu kemenangan lagi dibuat Mourinho di Liga Champions, saat menundukkan Olympiacos FC secara dramatis, 4-2, Selasa (26/11) pekan lalu. Hasil tersebut memastikan The Lilywhites melaju ke 16 besar Liga Champions sebagai runner-up Grup B mendampingi FC Bayern Muenchen sebagai juara grup.

Dengan modal impresif tersebut, Rabu (4/12) malam nanti Mourinho akan mengunjungi kandang Manchester United FC (MU), Old Trafford, untuk menjalani laga pekan ke-15 Liga Primer. Duel melawan Setan Merah ini akan spesial karena untuk kali pertama dalam hampir setahun, Mourinho akan kembali ke Old Trafford namun sebagai lawan. MU memecat Mourinho pada 18 Desember 2018 lalu menyusul rangkaian hasil buruk dan taktik permainan cenderung defensif yang membosankan.

Namun, bersama Spurs, taktik Mourinho seolah berubah 180 derajat. Ia tidak lagi menampilkan permainan pasif tetapi lebih agresif, frontal dan terbuka. Kembalinya mentalitas pemenang para pemain Spurs pun terlihat saat mereka tertinggal 0-2 dari Olympiacos namun mampu membalikkan keadaan.

Sejumlah statistik Spurs di tangan Mourinho juga patut diwaspadai MU untuk pertandingan Rabu malam besok. Dalam tiga pertandingan, Spurs mampu mencetak 10 gol. Harry Kane dan Dele Alli masing-masing mencetak tiga gol. Adapun satu gol lainnya masing-masing dibuat Lucas Moura, Serge Aurier, Moussa Sissoko, dan Son Heung Min. “Mou pernah di MU, mungkin dua atau tiga tahun. Tapi, kami ingin terus menang dan membuat pelatih tersenyum. Sudah jadi tugas kami memberikan yang terbaik untuk pelatih dan tentu untuk tim,” ucap Heung Min.

Statistik gol Spurs dalam dua pertandingan Liga Primer pertama di bawah Mourinho juga menarik. Mereka selalu mampu unggul lebih dulu hingga 3-0 saat melawan West Ham dan Bournemouth. Uniknya, dua gol balasan lawan-lawan Spurs terjadi antara  menit ke-70-an dan injury time.

Michail Antonio (West Ham) dan Harry Wilson (Bournemouth) masing-masing membuat gol pada menit ke-73 untuk memperkecil ketertinggalan timnya dari Spurs, 1-3. Sedangkan Angelo Ogbonna (West Ham) dan gol kedua Wilson semuanya terjadi pada menit ke-96.


Baca Juga :
- Taklukkan Setan Merah, Begini Kata Jurgen Klopp
- Pogba Pakai Kruk Tiba di Paris Bersama Istrinya, Ini yang Dilakukan

Spurs memang kemasukan hingga enam gol dalam tiga laga awal bersama Mourinho. Namun, hampir semua gol tersebut terjadi jelang seperempat akhir pertandingan. Tetapi, agresivitas Spurs di tangan Mourinho benar-benar harus diwaspadai calon lawan-lawan Spurs berikutnya.

Satu lagi yang harus dicermati MU, pelatih asal Portugal tersebut memiliki rekor impresif saat menghadapi Setan Merah. Dari 20 kali pertemuan di semua ajang, Mourinho sembilan kali menang, delapan imbang, dan hanya tiga kali kalah. Kemenangan terbanyak tentu saat menangani Chelsea FC, tujuh. Sedangkan dua lainnya masing-masing sekali bersama FC Porto dan Real Madrid CF.*TRI CAHYO NUGROHO DARI BERBAGAI SUMBER

loading...

BERITA TERKAIT

Total Komentar 0
Tulis Komentar +
news
ARTIKEL SEBELUMNYA