#1
TOPSKOR   |   Harian Olahraga Pertama di Indonesia


 WAWANCARA - Freddie Ljungberg: "Saya Tak Akan Melakukan Hal Radikal"
02 December 2019 13:46 WIB
LONDON - Freddie Ljungberg berbicara panjang lebar untuk kali pertama setelah ditunjuk sebagai pelatih sementara (caretaker) Arsenal FC. Salah satu pemain kunci skuat The Invincible itu memimpin latihan perdana skuat utama The Gunners pada Jumat (29/11) pagi. Setelah itu, dia duduk di Arsenal Training Center untuk membicarakan prioritasnya di klub London Utara itu. Berikut petikan wawancaranya:

Apa artinya bagi seorang Freddie Ljungberg memimpin tim ini?

Sebuah kehormatan yang luar biasa! Saya ingin melakukannya sebaik mungkin untuk klub fantastis ini. Itu yang saya rasakan hari ini. Saya merasakan kegembiraan yang melimpah dan saya akan coba melakukan pekerjaan ini dengan baik.


Baca Juga :
- Gajinya Dinaikkan Hampir 2 Kali Lipat, Bayaran Aubameyang di Arsenal Masih Kalah dari David De Gea di MU
- INFOGRAFIS: Aubameyang Punya Rapor Impresif dalam Derbi London

Bagaimana kesan pertemuan pertama Anda dengan para pemain?

Tidak ada yang spesial. Saya pikir apa yang saya katakan di ruang ganti selalu tetap di sana. Secara umum, saya pikir kami memiliki beberapa pemain hebat dan ya, kami memiliki beberapa masalah. Kami belum mendapatkan hasil dan itu yang harus kami coba atasi. Tetapi bagaimana mengatasinya, saya mungkin akan menyimpannya sendiri (sambil tersenyum penuh rahasia).

Apakah Anda akan terjun langsung?

Tentu saja. Saya akan terlibat dalam permainan. Karena itulah saya. Tetapi pada saat yang sama, saya mencoba untuk mundur dan menganalisis permainan. Jadi, tergantung situasinya, jadi bisa jadi saya akan bersikap kalem atau menjadi lelaki yang tidak begitu tenang. Tergantung!

Siapa saja yang akan membantu Anda?

Itu yang sedang saya pikirkan saat ini. Saya akan beri tahu Anda ketika sudah siap.

Apakah Anda memiliki minat untuk masa jabatan yang lebih permanen?

Untuk sekarang, masa depan klub yang lebih penting. Saya ada di sini untuk membantu klub sebanyak yang saya bisa, mencoba mendapatkan suasana yang baik di sekitar klub dan dengan para pendukung. Itu fokus saya saat ini.

Ceritakan pengalaman Anda di Bundesliga dengan Wolfsburg....

Setiap pelatih berbeda. Timnya berbeda dan cara berbeda pada saat menangani pemain, latihan, apa yang mereka anggap penting dan bagaimana rencana ke depan. Bagi saya, semua itu hanya poin pembelajaran. Itu yang saya coba lakukan, minimal yang terkait pekerjaan saya. Bundesliga memiliki sepak bola yang berbeda, maka Anda belajar apa budaya dari negara itu. Semua itu pengetahuan buat saya.

Apa prioritas Anda, dan perubahan macam apa yang akan Anda buat?

Saya tidak akan melakukan hal yang radikal karena saya pikir itu bukan cara terbaik. Saya tidak akan datang, lalu menghancurkan segalanya. Tetapi saya cukup jelas dengan apa yang saya pikir ingin saya coba.

Bagaimana pendekatan Anda terhadap permainan ...

Saya sudah berada di Arsenal untuk waktu yang sangat lama. Saya suka sepak bola yang menghibur tapi pada saat yang sama Anda tidak bisa kebobolan gol. Itu keseimbangan yang sulit ditemukan. Bagi saya, pemain yang senang memainkan sepak bola yang  terbaik. Itu saya pelajari sebagai pemain, Ada waktu untuk bekerja keras tapi kita perlu menikmati apa yang kita lakukan. Seringkali pemain kami menikmati bermain sepak bola ofensif yang membuat mereka bahagia.

Apakah pengalaman bermain untuk Arsenal akan membantunya?

Saya mengerti klub ini, maka saya coba berpikir dari dalam. Itu memberi saya bantuan, 100 persen. Saya sudah 20 tahun bersama Arsenal, jadi ini sangat istimewa bagi saya. Itu sebabnya saya mengatakan suatu kehormatan melakukan ini. Ketika klub meminta saya untuk membantu mereka, saya katakan saya pasti akan mencoba membantu mereka sebanyak yang mereka butuhkan. Kami akan melangkah dari sana.

Apa pesan Anda kepada para penggemar Arsenal?

Mereka adalah penggemar yang luar biasa. Kami butuh mereka, pemain butuh mereka, Itu poin utama yang bisa saya katakan kepada mereka. Kami sebagai pemain dan staf pelatih akan melakukan semua yang kami bisa untuk membuat mereka Bahagia. Nikmati saja permainannya.

Seberapa yakin Anda memulihkan perasaan positif di klub?

Saya percaya diri. Kalau tidak saya tidak akan mengambil pekerjaan ini ketika mereka meminta saya untuk membantu. Jika saya tidak merasa bisa membantu mereka, saya tidak akan melakukannya. Saya benar-benar merasa klub ini bisa disatukan untuk bisa mengembalikan senyum di wajah semua orang.*NURUL IKA HIDAYATI


Baca Juga :
- Aubameyang Perpanjang Kontrak, Pemain dan Legenda Arsenal pun Lega
- Saya Ingin Menjadi Legenda Arsenal seperti Thierry Henry: Gaji Aubameyang Paling Tinggi, Rp 3,8 Miliar Seminggu

 

 

BERITA TERKAIT

Total Komentar 0
Tulis Komentar +
ARTIKEL SEBELUMNYA