#1
TOPSKOR   |   Harian Olahraga Pertama di Indonesia
news
Striker Muenchen Ini Bisa Libas Messi
30 November 2019 13:10 WIB
MUENCHEN - Robert Lewandowski bakal membuktikan dirinya memang kencanduan mencetak gol saat menghadapi Bayer Leverkusen, Sabtu (30/11). Produktivitas striker FC Bayern Muenchen itu sempat terhenti di Bundesliga.

Karenanya, duel pekan ke-13 Bundesliga di Allianz Arena, malam nanti, akan menjadi momen tepat baginya untuk kembali membuat gol. Striker 31 tahun ini juga siap melanjutkan tren mematahkan rekor demi rekor musim ini.

Lewandowski tengah menjalani musim terbaik dalam kariernya. Pada 28 September lalu dia jadi pemain Muenchen pertama yang selalu mencetak gol dalam enam laga pertama di Bundesliga dengan total 10 gol. Catatan itu juga menjadikannya pemain pertama di kompetisi itu yang tembus dua digit gol dalam enam laga pertama.


Baca Juga :
- Digadang Jadi Pengganti Suarez di Barcelona, Pemain Ini Jawab Betah di Inter
- Tiga Penyerang Ini Pantas Dilirik Dortmund untuk Gantikan Sancho

Sekitar sebulan kemudian, Lewandowski jadi pemain pertama yang selalu mencetak gol dalam sembilan laga pertama di Bundesliga. Dia mematahkan rekor yang dibuat Pierre Emerick Aubameyang bersama Borussia Dortmund pada 2015/16. Rekor itu berlanjut sebelum terhenti pada pekan ke-12 lawan Fortuna Duesseldorf, Sabtu lalu.

Lewandowski menebus kebuntuan itu dengan memborong empat gol saat Muenchen membantai Red Star Belgrade 6-0 pada matchday kelima fase grup Liga Champions tiga hari kemudian. Keempat gol itu dicetak dalam waktu hanya 14 menit dan 31 detik sehingga jadi quattrick tercepat sepanjang sejarah kompetisi itu.

Secara keseluruhan, Lewandowski telah membukukan 27 gol buat Muenchen dalam hanya 20 pertandingan di seluruh kompetisi musim ini. Striker asal Polandia ini hanya mengalami kebuntuan dalam tiga laga. Selain lawan Duesseldorf di Bundesliga, dia juga gagal mencetak gol lawan Dortmund di Piala Super Jerman dan kontra VfL Bochum di Piala Jerman.  

Catatan ini menjadikan Lewandowski pencetak gol terbanyak di lima liga top Eropa musim ini. Dia bahkan unggul 10 gol atas rival terdekatnya, Ciro Immobile, yang mengoleksi 17 gol buat SS Lazio di seluruh kompetisi. Dengan 16 gol di Bundesliga, Lewandowski juga memimpin klasemen Sepatu Emas Eropa dengan 32 poin.

Tidak salah jika Lewandowski mendapatkan julukan baru sebagai Rekordjaeger dari harian Bild. Tingkat produktivitas golnya musim ini memang sangat impresif. Dengan rata-rata 1,3 gol di Bundesliga, dia berpeluang mematahkan rekor gol terbanyak dalam semusim di kancah itu yang dibuat legenda Muenchen, Gerd Mueller, pada 1971/72 dengan 40 gol.

Catatan 27 gol dalam 20 laga pertama di seluruh kompetisi juga membuat Lewandowski punya peluang untuk mematahkan rekor Lionel Messi sebagai pencetak gol terbanyak di lima liga top Eropa dalam semusim. Rekor itu dibuat La Pulga pada 2011/12 saat dia mencetak 73 gol dalam 60 laga bersama FC Barcelona di seluruh kompetisi.

Apalagi, torehan 27 gol Lewandowski dalam 20 laga pertama sedikit lebih baik daripada Messi yang membukukan 25 gol pada tahap yang sama. Peluang Lewy terbuka lebar karena Muenchen masih menyisakan 22 laga di Bundesliga musim plus kemungkinan enam laga di Piala Jerman dan delapan laga di Liga Champions jika Die Bayern melaju hingga ke final di dua kompetisi itu.

Artinya, Lewandowski bisa memainkan hingga 36 pertandingan lagi hingga akhir musim ini. Dan dia harus mencetak 46 gol dalam ke-36 laga itu untuk menyamai rekor 73 gol milik Messi atau rata-rata 1,28 gol dalam setiap laga. Misi itu seharusnya bisa dengan mudah dijalankan karena tingkat produktivitas Lewy saat ini 1,35 gol per laga. Namun, tidak semua orang percaya Lewandowski bisa melakukan itu. “Dia melepaskan lebih banyak tembakan ke gawang daripada pemain lain di Eropa musim ini," ujar pakar sepak bola Eropa, Guillem Balague, kepada BBC Radio. “Torehan golnya sulit dipercaya. Tapi, dia tetap tidak akan bisa mencapai rekor 73 gol milik Messi.”


Baca Juga :
- Xavi Menolak Tawaran Barcelona, Begini Penjelasannya
- Jadwal Pertandingan El Clasico Kedua Sudah Ditentukan

Terlepas dari berhasil tidaknya dia menyamai rekor Messi, performa Lewandowski musim ini sangat istimewa. Apalagi jika mempertimbangkan sejumlah kesulitan yang dialami Muenchen. Die Bayern masih tertinggal di peringkat ketiga klasemen Bundesliga dan ditinggalkan oleh pelatih Niko Kovac yang dipecat 3 November lalu.  

“Performanya sangat mengejutkan, terutama jika kita melihat permainan Muenchen sebagai sebuah tim yang kurang bagus musim ini,” kata jurnalis sepak bola Jerman, Raphael Honigstein. “Siapa pun yang kita ajak bicara di Muenchen, semuanya akan bilang ini Lewandowski baru. Saya pikir tidak ada yang membantah reputasinya sebagai striker terbaik di Eropa saat ini. Pesaing terdekatnya hanya Harry Kane.”***RIJAL ALFURQON DARI BERBAGAI SUMBER

loading...

BERITA TERKAIT

Total Komentar 0
Tulis Komentar +
news
ARTIKEL SEBELUMNYA