#1
TOPSKOR   |   Harian Olahraga Pertama di Indonesia
news
Konsentrasi Liverpool Bisa Buyar hingga Akhir Tahun
29 November 2019 13:00 WIB
LIVERPOOL - Kegagalan Liverpool FC segera memastikan tempat di 16 besar Liga Champions bisa berbuntut panjang. Jadwal padat nan krusial berwujud 10 pertandingan hingga akhir tahun bisa memecah konsentrasi The Reds terkait sejumlah target mereka musim ini.

Hasil imbang saat menjamu SSC Napoli pada matchday kelima Grup E Liga Champions, 1-1, Rabu (27/11) malam, membuat Liverpool kini mengoleksi 10 poin. Dengan satu laga tersisa, Liverpool sebagai juara bertahan harus mampu mengalahkan RB Salzburg saat berkunjung ke Red Bull Arena, 10 Desember nanti.

Pertandingan melawan Salzburg, bulan depan, seharusnya bukan masalah besar bila Liverpool bisa mengalahkan Napoli. Hasil imbang di kandang Salzburg sudah cukup bagi Liverpool untuk mengamankan tiket.


Baca Juga :
- Taklukkan Setan Merah, Begini Kata Jurgen Klopp
- Liverpool di Ambang Juara, 22 Pertandingan Tak Terkalahkan

Yang harus menjadi perhatian Liverpol, Erling Braut Haaland dan kawan-kawan mampu mengejar ketertinggalan 0-3—dalam 21 menit (antara menit ke-39 sampai 60)—menjadi 3-3 saat bertarung di Anfield, 2 Oktober lalu. Hanya gol Mohamed Salah yang membuat Liverpool menang 4-3 pada duel tersebut.

Satu hal lain yang patut dicermati Klopp adalah performa Salzburg di kandang musim ini. Skuat pelatih Jesse Marsch itu memenangi delapan dari 10 pertandingan di Red Bull Arena musim ini. Mereka juga mampu mencetak lima gol atau lebih di tujuh pertandingan di antaranya.

Jika kalah di Red Bull Arena, Liverpool masih bisa melaju ke babak knock-out dengan sejumlah catatan. Pertama, Napoli harus kalah saat menjamu KRC Genk. Atau, Liverpool kalah dari Salzburg namun mampu mencetak empat atau lebih gol (misal kalah 4-5). Adapun Napoli akan lolos ke 16 besar bila mampu merebut poin dari Genk.

“Kami memiliki ambisi di Liga Champions (mempertahankan gelar) dan harus menunjukkannya di Salzburg,” tutur Klopp setelah laga melawan Napoli. “Sambil menunggu waktu pertandingan itu, kami pun harus membuktikan seberapa besar ambisi kami di Liga Primer.”

Situasi kian rumit karena menjelang duel melawan Salzburg, Liverpool akan menghadapi tiga pertandingan di Liga Primer. Sampai pertandingan pekan ke-13, The Reds masih memuncaki klasemen dengan 37 poin. Namun, mereka hanya unggul enam angka dari Leicester City FC di peringkat kedua dan sembilan dengan sang juara bertahan, Manchester City FC, di posisi ketiga. Karenanya, Liverpool tidak boleh terpeleset saat menjamu Brighton & Hove Albion FC dan Everton FC, serta tandang ke AFC Bournemouth.  

Faktor lain yang bisa menjadi masalah serius bagi Liverpool adalah cedera engkel gelandang bertahan yang sangat berpengaruh, Fabinho. Ia terpaksa ditarik keluar pada menit ke-19 saat melawan Napoli. “Saat ini, masalah utama saya adalah cedera Fabinho. Saya tidak tahu seberapa parah cederanya,” kata Klopp.

Desember akan jadi bulan penentu segalanya bagi Liverpool. Mereka cukup stabil di Liga Primer dan Liga Champions. Tapi, jika gagal mengatasi masalah cedera pemain, semua akan berantakan. Pasalnya, mereka juga harus turun di Piala Dunia Klub pada Desember nanti. “Fabinho salah satu pemain terbaik Liverpool musim ini. Liverpool akan sangat sulit mencari penggantinya selama ia cedera,” ucap Mark Lawrenson, mantan bek Liverpool.***TRI CAHYO NUGROHO DARI BERBAGAI SUMBER


Baca Juga :
- Liverpool Terdepan Berburu Pemain Muda Jerman Ini, MU, Barcelona dan Muenchen Juga Berminat
- Full Squad! Ada 20 Wakil Kita di Indonesia Masters 2020, Ayo Kejar Prestasi

Jadwal Liverpool sampai Akhir Tahun
Sabtu, 30 Nov - Brighton (Liga Primer, Kandang)
Rabu, 4 Des - Everton (Liga Primer, Kandang)    
Sabtu, 7 Des - Bournemouth (Liga Primer, Tandang)     
Selasa, 10 Des - Salzburg (Liga Champions, Tandang)
Sabtu, 14 Des - Watford (Liga Primer, Kandang)
Selasa, 17 Des - Aston Villa (Piala Liga, Tandang)
Rabu, 18 Des – Piala Dunia Klub, Qatar
Sabtu, 21 Des – Piala Dunia Klub, Qatar
Kamis, 26 Des - Leicester (Liga Primer, Tandang)
Minggu, 29 Des - Wolves (Liga Primer, Kandang)

 

loading...

BERITA TERKAIT

Total Komentar 0
Tulis Komentar +
ARTIKEL SEBELUMNYA