#1
TOPSKOR   |   Harian Olahraga Pertama di Indonesia
Ekshibisi 700 Messi! Gol dan 2 Assist
29 November 2019 13:10 WIB
BARCELONA – FC Barcelona sukses menang 3-1 saat menjamu Borussia Dortmund di matchday lima Grup F Liga Champions 2019/20, Kamis  (28/11) dini hari WIB. Kemenangan tersebut memastikan mereka lolos sebagai juara grup. Lebih dari itu, poin maksimal itu pun bernilai spesial bagi Lionel Messi yang tampil luar biasa di  laga ke-700 bersama Barca.

Keberadaan sang megabintang memang tak terbantahkan sejak menjalani debut di tim senior Barca pada 16 Oktober 2004; tandang lawan RCD Espanyol (menang 1-0) di usia 17 tahun, tiga bulan, 22 hari. Kini setelah perjalanan panjang yang dilalui dengan beraneka pemecahan rekor, laga ke-700 dijalani di hadapan lebih dari 90 ribu penonton di Stadion Camp Nou.

“Sudah memainkan 700 pertandingan untuk Barcelona adalah pencapaian yang tidak normal, dan tidak juga untuk yang dilakukannya (Messi) di lapangan. Dia adalah pemain terbaik di dunia. Secara keseluruhan kami memainkan sepak bola yang bagus malam ini dan layak untuk menjadi pemimpin grup,” kata kiper Barca, Marc-Andre Ter Stegen, usai laga.


Baca Juga :
- Manusia Tidak Bisa Dibandingkan dengan Alien! Putra Diego Maradona Sebut Kehebatan Messi Masih Jauh di Bawah Ayahnya
- Real Madrid dan FC Barcelona Jadi Brand Bernilai Paling Tinggi di Dunia Sepak Bola

Sekarang Messi semakin dekat untuk jadi pemain dengan jumlah pertandingan terbanyak untuk Barca. Ia hanya kalah dari 767 caps Xavi Hernandez dari 1998 hingga 2015. Kian terasa luar biasa, di pengulangan centenario duel ketujuhnya, La Pulga (si Kutu) –julukan Messi– keluar sebagai protagonis utama sebab terlibat di semua gol tim.

Satu gol dan dua assist ditorehkannya menghadapi Dortmund yang artinya ia sekarang telah mengumpulkan 10 gol dan delapan assist sepanjang 2019/20 bergulir. Penyerang tim nasional Argentina ini sudah menjadi top scorer (bersama Luis Suarez) dan top assist timnya musim ini meski sempat absen karena cedera; kini punya 13 laga (1.020 menit main).

Dengan gol yang ditorehkan, La Pulga juga mencetak rekor baru yakni pemain yang paling banyak membobol klub berbeda di Liga Champions. Ada 34 tim yang sudah ditaklukannya, melebihi 33 milik  Cristiano Ronaldo dan Raul Gonzalez. Untuk lawan paling sering dibobol ada Arsenal FC (sembilan gol di enam laga) dan Celtic FC-AC Milan (delapan di enam-delapan).

Ekshibisi Messi dimulai saat mencatatkan namanya di papan skor usai bekerja sama satu dua dengan Suarez untuk membongkar pertahanan Dortmund di gol kedua Los Azulgrana, julukan Barca. Sementara assist pertamanya ada di gol pembuka Suarez dengan memberi bola daerah yang disambar, dan satu lagi umpan terobosan yang sukses dimanfaatkan Antoine Griezmann.

Ini jadi kali kedua trisula serangan (MSG) yang baru dibentuk di 2019/20 bisa mencetak gol bersamaan di sebuah pertandingan. Sebelumnya ada kemenangan atas SD Eibar (3-0) di jornada 9 LaLiga. Ini jelas perkembangan menggembirakan sebab sebelumnya chemistry dianggap menjadi masalah, terutama bagi Griezmann, sehingga belum ada perpaduan hebat seraya MSN (dengan Neymar Junior) dulu.

Grizzi –sapaan Griezmnann– ada di posisi tiga top scorer Barca dengan tortehan lima gol. Jika Messi punya delapan assist, Suarez dan rekan barunya itu punya dua dan tiga assist. Kemenangan atas Dortmund pun bisa jadi awal koneksi ketiganya. Kedekatan telah sangat terlihat saat merayakan gol sehingga besar kans Trio MSG bisa melanjutkan produktivitasnya.


Baca Juga :
- Waduh! Cuneyt Cakir, Wasit Ketika Barca Dibantai Liverpool, Pimpin Laga Lawan Napoli
- Kostas Manolas Tahu Cara Menghentikan Lionel Messi

Los Azulgrana lolos sebagai juara grup sebab telah mengoleksi 11 poin yang tak bisa dikejar Dortmund-FC Internazionale di bawahnya dengan tujuh poin, di satu laga sisa. Tampil sebagai juara grup akan menguntungkan Barca karena bisa menghindari tim-tim terbaik dari kelompok lain seperti PSG, Manchester City, Juventus, dan Muenchen. *** TAUFANI RAHMANDA DARI BERBAGAI SUMBER

 

BERITA TERKAIT

Total Komentar 0
Tulis Komentar +
news
ARTIKEL SEBELUMNYA