#1
TOPSKOR   |   Harian Olahraga Pertama di Indonesia


Jorge Jesus Menantang Liverpool
26 November 2019 15:20 WIB
RIO DE JANEIRO – Sukses membawa Flamengo memenangi gelar Piala Libertadores untuk kali pertama dalam 38 tahun terakhir membuat pelatih Jorge Jesus merasa sangat percaya diri bahkan cenderung jemawa. Pria asal Portugal ini terkesan merendahkan Liverpool FC yang bakal jadi rival terberat tim asuhannya di Piala Dunia Klub 2019.

  Flamengo keluar sebagai juara Piala Libertadores 2019 setelah secara dramatis mengalahkan juara bertahan River Plate 2-1 pada partai final di Stadion Monumental di Lima, Peru, Sabtu (23/11). Rubro-Negro kebobolan lebih dulu di menit ke-14 dan tertekan di hampir sepanjang pertandingan sebelum bangkit di menit terakhir berkat dua gol yang diborong Gabriel “Gabigol” Barbosa.


Baca Juga :
- Jadwal LIga Inggris Hari Ini, Minggu 20 September
- Mengejutkan! Pemain Anyar Liverpool Ini Mengaku Lebih Suka Everton

Ini gelar Piala Libertadores kedua yang diraih Flamengo sekaligus yang kedua sejak 1981 saat tim itu masih diperkuat legenda-legenda Brasil seperti Zico, Nunes, dan Junior. Tim asuhan Jesus ini bahkan melewati pencapaian Zico dan kawan-kawan dengan memastikan gelar Seri A Brasil pada keesokan harinya.

Gelar liga domestik ini dipastikan jadi milik Flamengo setelah rival terdekat mereka, Palmeiras kalah 1-2 di kandang lawan Gremio, Minggu (24/11). Hasil ini membuat posisi Rubro-Negro yang unggul 13 poin di puncak klasemen jadi mustahil dikejar karena kompetisi tinggal menyisakan empat laga lagi.

Dengan demikian, Flamengo berhasil menjadi klub Brasil pertama yang memenangi gelar ganda, Seri A dan Piala Libertadores, dalam semusim sepanjang hampir enam dekade terakhir. Sebelumnya, prestasi tersebut hanya pernah dicapai oleh Santos FC yang masih diperkuat Pele pada 1963.

Sebagai juara Piala Libertadores, Flamengo bakal jadi wakil Amerika Selatan di Piala Dunia Klub 2019 yang akan digelar di Doha, Qatar antara 11 dan 21 Desember. Dan, Jesus optimistis Rubro-Negro bisa mengatasi semua lawan termasuk juara Liga Champions, Liverpool, yang kemungkinan besar jadi lawan di final.

“Final (Piala Libertadores) ini ditonton di 186 negara di dunia oleh jutaan pemirsa, dan siapapun yang menyaksikannya akan menyadarinya tingginya level pertandingan ini," ujar Jesus. “(Dibandingkan dengan) final Liga Champions antara Liverpool dan Totenham Hotspur, final Piala Libertadores ini lebih sarat teknik dan taktik serta lebih indah daripada final di Madrid yang saya tonton di televisi.”

Jika optimisme Jesus jadi kenyataan, Flamengo bakal mengulang sukses 38 tahun silam. Saat itu Zico dan kawan-kawan menang mudah tiga gol tanpa balas atas Liverpool pada perebutan Piala Interkontinental di Tokyo. Ketika itu The Reds ditangani oleh Bob Paisley dan diperkuat bintang-bintang top Liga Inggris seperti Kenny Dalglish, Graeme Souness, dan Bruce Grobelaar.


Baca Juga :
- Begini 3 Formasi Baru Liverpool Pilihan Klopp Bersama Thiago Alcantara
- Thiago Akhirnya Resmi Mengenakan Kostum Liverpool, Klopp pun Senang

Flamengo dan Liverpool otomatis lolos ke semifinal Piala Dunia Klub 2019. Rubro-Negro akan bertemu pemenang duel antara juara Liga Champions Asia asal Arab Saudi, AL Hilal, dan juara Liga Champions Afrika asal Tunisia, Esperance De Tunis. Di pihak lain, The Reds akan ditantang pemenang duel antara tuan rumah sekaligus juara Liga Qatar, Al Sadd, dan juara Liga Champions Oceania asal Kaledonia Baru, Hienghene Sport.*Rijal Alfurqon

 

BERITA TERKAIT

Total Komentar 0
Tulis Komentar +
ARTIKEL SEBELUMNYA