#1
TOPSKOR   |   Harian Olahraga Pertama di Indonesia
news
Penantian Panjang Persita Tangerang dan Persik Kediri Akhirnya Tertuntaskan
23 November 2019 13:02 WIB
GIANYAR – Penantian panjang Persita Tangerang dan Persik Kediri untuk promosi ke kasta tertinggi akhirnya tertuntaskan. Dua dari tiga tiket promosi ke Liga 1 2020 berhasil mereka raih setelah kedua tim lolos ke final Liga 2 2019. Yang menarik, Persita dan Persik sama-sama menang lewat adu penalti.  

Persita ke final setelah menang adu penalti 3-2 atas Sriwijaya FC (SFC) Jumat (22/11) sore  di Stadion Kapten I Wayan Dipta Gianyar, Bali. Pada waktu normal 2x 45 menit hingga perpanjangan, kedua tim bermain tanpa gol.  Sedangkan Persik  menang adu penalti 5-4 atas Persiraja Banda Aceh, juga adu penalti setelah waktu normal berakhir 0-0.

Laga SFC kontra Persita sendiri berlangsung sengit, SFC yang mendominasi serangan di awal-awal belum mampu membobol gawang Pendekar Cisadane. Meskipun, dua penyerang andalan Persita Sirvi Arvani dan Chandra Waskito ditarik keluar karena cedera.


Baca Juga :
- Soal Posisi Iwan Budianto di Persik, Ini Jawaban Tegas Manajemen
- Persiapan ke Liga 1 2020, Persita Dikabarkan Dekati Sylvano Comvalius dan Bojan Malisic

Lalu, Persita juga tidak mampu mencetak gol selama pertandingan walaupun SFC bermain dengan 10 pemain setelah stopper Bobby Satria mendapatkan kartu merah. Laga berakhir 0-0 lalu ditambah dua kali extra time tidak terjadi gol, sehingga diselesaikan lewat adu penalti yang dimenangkan Persita 3-2.

Pelatih SFC, Kas Hartadi mengucapkan selamat kepada Persita yang lolos ke Liga 1. Ia menilai kekalahan timnya karena beberapa faktor. Pertama gol SFC yang dianulir wasit, lalu kartu merah yang didapat Bobby membuat SFC kewalahan, dan dalam adu penalti SFC kurang beruntung saat penalti. 

"Kalau melihat rekaman pertandingan, tidak ada handball saat kami mencetak gol. Tapi wasit menilai handball, saya harap wasit lebih jeli lagi ke depan," katanya.

Pemain sayap SFC, Siswanto memuji perjuangan para pemain SFC dan mengucapkan selamat untuk Persita. "Masih ada kesempatan untuk ke Liga 1, kami akan maksimalkan perebutan posisi ketiga nanti," kata Siswanto.

Sementara itu, pelatih Persita Widodo Cahyono Putro mengaku puas, lega, dan mengapresiasi perjuangan keras anak-anak asuhnya. Sehingga, mereka berhasil membawa Persita lolos ke final Liga 2 sekaligus mendapat satu tiket promosi ke Liga 1.

"Kemenangan ini berkat Tuhan, juga hasil kerja keras para pemain, dan dukungan semua pihak, baik  staf pelatih, ofisial,  manajemen,  suporter, dan pendukung Persita," kata Widodo. Terkait permainan timnya, ia menilai masih ada yang belum baik khususnya soal penyelesaian akhir, karena dalam laga ini banyak peluang namun tidak berbuah gol.

Widodo juga sudah memprediksi laga akan sengit dan berakhir adu penalti, sehingga timnya sudah mematangkan latihan adu penalti sebelum melawan Laskar Wong Kito. Widodo mengaku senang bercampur duka, pasalnya kemarin siang saudara perempuannya meninggal dunia, sehingga hari ini dirinya izin  pulang kampung.  

Pelatih Persik Kediri, Budiarjo Thalib bersyukur, karena Persik awalnya dianggap remeh dan sempat membuat manajemen berpendapat Persik menargetkan cukup bertahan di Liga 2.  "Tapi akhirnya kami menargetkan lebih tinggi lagi agar lolos Liga 1, akhirnya alhamdulillah kami bisa lolos final dan Liga 1," ucap dia.

Kunci kemenangannya adalah instruksi untuk bermain enjoy dan tanpa tekanan, dan instruksi berhasil diikukti para pemainnya hingga drama adu penalti. "Setelah ini kami akan bersiap melawan Persita Tangerang di final," ucap dia.


Baca Juga :
- Permain dan Ofisial Persiraja Diarak dan Disambut Hangat Warga Aceh
- "Saya Sampai Kurang Tidur Karena Memikirkan Strategi Memenangkan Persik"

Di sisi lain, laga Persik lawan Persiraja dimenangkan oleh Persik juga lewat adu penalti dengan skor 0-0 (5-4).  SFC dan Persiraja akan memperebutkan satu tiket ke Liga 1 Senin (25/11) perebutan tempat ketiga, sedangkan Persita dan Persik akan memperebutkan juara Liga 2 2019 pada hari yang sama.*Agustian Pratama

 

loading...

BERITA TERKAIT

news
Nyaman di Harian TopSkor, Mantap di TopSkor.id
Total Komentar 0
Tulis Komentar +
ARTIKEL SEBELUMNYA