#1
TOPSKOR   |   Harian Olahraga Pertama di Indonesia


Untung-Rugi Kembalinya Enrique
21 November 2019 13:25 WIB
MADRID – Luis Enrique kembali ditunjuk sebagai pelatih tim nasional Spanyol setelah sempat mundur karena urusan pribadi; mengurus anaknya yang sakit (kini telah tutup usia). Padahal, Robert Moreno memiliki rapor tidak terkalahkan saat mengisi posisinya. Alhasil tentu sekarang bakal ada efek untung-rugi dari kembalinya pelatih 49 tahun itu.

Bersama Moreno, La Roja –julukan Spanyol– akhirnya bisa mengunci posisi pada putaran final Piala Eropa 2020. Tujuh kemenangan dan dua imbang diraih dari sembilan laga. Pelatih 42 tahun ini juga membentuk pilar utama, meminimalisir eksperimen yang dilakukan di era Enrique. Karenanya berbagai dampak kemungkinan akan dirasakan.

Debat Kiper


Baca Juga :
- Inilah Unggahan Terbaik dari Para Pemain dan Klub LaLiga di Media Sosial Pekan Ini
- Lulus Ujian Bahasa Italia, Luis Suarez Tetap Tak Akan Gabung Juventus

Perdebatan kiper akan kembali menyeruak, setelah sempat diredam pada era Moreno. Bersama sang pengganti, Kepa Arrizabalaga mutlak jadi penjaga gawang utama Spanyol. Bersama Enrique masih belum ada kepastian antara Kepa atau David De Gea. Rapor keduanya kemasukan empat dan sembilan gol di delapan laga terakhir di timnas.

Pandangan Pertahanan

Baik Moreno ataupun Enrique sama-sama memiliki masalah mencari pengganti Gerard Pique yang pensiun pasca Piala Dunia 2018. Berbagai pemain pun telah dicoba. Tapi ada perbedaan pandangan keduanya. Enrique terbuka ke berbagai nama, termasuk di sisi bek sayap. Sedang Moreno terlalu terpaku saat sudah nyaman dengan pilihannya.

Pemilihan Gelandang

Berbedaan kontras juga terjadi di pemilihan gelandang. La Roja memang punya sumber daya melimpah di sektor ini. Moreno condong mengandalkan mereka yang sedang naik daun seperti Pablo Sarabia atau Fabian Ruiz. Sementara Enrique percaya ke pemain yang sudah terbukti tajinya seraya Isco Alarcon atau Marco Asensio. Walaupun ada berbagai kesamaan pilar seperti Sergio Busquets, Saul Niguez, hingga Dani parejo.

Serangan Terbuka

Kesamaan terjadi pada berisan depan, meski ada sedikit perbedaan. Untuk siapa yang akan mengisi posisi serangan masih sangat terbuka. Meski di era Moreno, Rodrigo Moreno sudah pasti mendapat tempat utama. Berbagai nama penyerang telah dijajal di dua era kepelatihan ini seperti Iago Aspas, Gerard Moreno, hingga Mikel Oyarzabal.

Nama Baru

Hal yang tak luput dari perhatian pasca kembalinya Enrique adalah adanya nama baru. Lebih khusus ke dua pemain yakni Ansu Fati dan Gabriel Paulista. Nama pertama telah berkebangsaan Spanyol, tapi belum masuk ke tim senior. Sedang yang kedua telah membuka peluang naturalisasi (sebelumnya Brasil) dan jadi opsi bagus penerus Pique.

Piala Dunia 2022

Terlepas efek yang bisa terjadi usai kembali terjadi pergantian pelatih, rupanya comeback Enrique juga diiringi penambahan masa kerja. Federasi Sepak bola Spanyol (RFEF) memerpanjang kontrak eks pelatih FC Barcelona itu dari yang semula hingga Piala Eropa 2020, kini hingga ke Piala Dunia 2022.

“Rasanya tidak pantas bagi saya untuk hanya membawanya selama beberapa bulan. Kami ingin keberlanjutkan dan mau membuatnya nyaman untuk melakukan pekerjaannya dengan lebih banyak waktu. Berbagai pihak telah memutuskan dan saya pikir ini soal komitmen,” ucap Presiden RFEF, Luis Rubiales.* TAUFANI RAHMANDA DARI BERBAGAI SUMBER

 


Baca Juga :
- BOOM! Kalahkan MU, Spurs Selangkah Lagi Dapatkan Sergio Reguilon, Gareth Bale Segera Menyusul
- Inter Ingin Datangkan Striker Gaek Fernando Llorente, Ini Alasannya

 

Pemain yang Tak Dipanggil Enrique tapi Oke oleh Moreno:
Pablo Sarabia
Sergio Reguilon
Unai Nunez
Fabian Ruiz
Mikel Oyarzabal
Luis Alberto
Gerard Moreno
Pemain yang Tak Dipanggil Moreno tapi Oke oleh Enrique:
Marcos Alonso
Mario Hermoso
Sergi Roberto
Marco Asensio
Isco Alarcon
Sergio Canales
Suso Fernandez
Pablo Fornals
Brais Mendez
Jonny Otto
Iago Aspas
Jaime Mata
Koke Resurreccion

BERITA TERKAIT

Total Komentar 0
Tulis Komentar +
ARTIKEL SEBELUMNYA