#1
TOPSKOR   |   Harian Olahraga Pertama di Indonesia


Keuntungan Indonesia Menjadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20 2021
25 October 2019 10:18 WIB
SHANGHAI - Indonesia resmi terpilih sebagai tuan rumah Piala Dunia (PD) U-20 2021. Hal ini diumumkan Presiden FIFA Gianni Infantino usai memimpin Rapat Dewan FIFA di Shanghai, Cina, kemarin. Indonesia berhasil mengalahkan Brasil dan Peru dalam bidding tuan rumah kejuaraan tertinggi untuk kelompok usia yang diselenggarakan FIFA ini.

 “Alhamdulillah kerja keras kita semua membuahkan hasil. Presentasi kami dinilai dan diterima baik oleh FIFA. PSSI mengucapkan banyak terima kasih kepada Presiden Joko Widodo yang memberikan dukungan penuh kepada PSSI. Apresiasi juga untuk jajaran kementerian terkait dan kepala daerah yang berkomitmen untuk membantu PSSI mewujudkan mimpi menjadi tuan rumah Piala Dunia 2021,” ujar Sekjen PSSI Ratu Tisha yang hadir dalam Rapat Dewan FIFA, kemarin.

Sementara itu, di tempat lain Menteri Pemuda dan Olahraga yang baru Zainudin Amali disela-sela menggelar acara serah terima jabatan di Wisma Menpora, Senayan, Kamis (24/10) juga mengungkapkan apresiasinya terhadap kinerja PSSI.


Baca Juga :
- Bek Kiri Timnas U-19 Pratama Arhan Bocorkan Rahasia Bisa Punya Lemparan Maut
- Jadwal Liga 2 2020 Sudah Dirilis PT LIB, Persis Solo Baru Mulai Kumpulkan Pemain Lusa

"Terimakasih Bu Sekjen (Ratu Tisha) dan jajarannya atas upaya yang luar biasa, kerja kerasnya, lobbiannya selama ini, sampai kita berhasil dinobatkan menjadi tuan rumah piala dunia U-20 2021," ujar Zainudin. 

Keberhasilan PSSI memenangkan bidding Piala Dunia U-20 2021 memberi banyak keuntungan bagi Indonesia. Pertama, timnas Indonesia U-19 yang saat ini ditangani Fakhri Husaini dipastikan lolos ke putaran final nanti. Ini menjadi kesempatan berharga tim Merah Putih untuk menunjukkan pada dunia bahwa Indonesia punya banyak pesepak bola muda bertalenta. Apalagi, dalam ajang ini akan banyak pencari bakat yang akan memantau.

Dengan digelarnya Piala Dunia di Indonesia maka pemerintah bersama stake holder mau tidak mau harus membenahi infrastruktur olahraga, khususnya ketersediaan lapangan latihan yang layak untuk para kontestan. Di sisi lain, ini menjadi momentum Indonesia untuk mempromosikan objek-objek wisata kepada dunia guna menarik minat wisatawan mancanegara untuk hadir ke Indonesia. 

Piala Dunia U-20 2021 akan diselenggarakan pada 20 Mei sampai 11 Juni 2021 mendatang.  Setelah dinyatakan terpilih, pemerinta RI memastikan segera menyiapkan seluruh infrastruktur seperti yang telah tercantum dalam proposal yang diajukan PSSI.

“Pemerintah sudah bertekad untuk mempersiapkan ini dengan sebaik-baiknya. Kemudian kita mempersiapkan timnas kita, agar sukses prestasi dan tata kelola,” ucap Zainudin.

Kesiapan venue juga akan menjadi fokus pemerintah untuk dibenahi. “Tentu kita menggunakan apa yang sudah ada di Asian Games. Kalau ada kurang kita benahi. Memang ada stadion yang belum ada pendukung latihan, kemudian beberapa tempat juga belum, makanya kita akan kerjakan dan Inpres akan segera keluar,” ujar Zainudin.

Sementara, AFF juga siap mendukung Indonesia menyukseskan gelaran PD U-20 2021.

“Kami sangat senang dengan berita ini dan selamat kepada Indonesia atas kemenangan mereka. Ada banyak yang harus dilakukan selama dua tahun ke depan dan kami AFF akan menawarkan bantuan yang diperlukan. Dua belas negara anggota AFF kami akan berkumpul untuk mendukung Indonesia,” ucap Presiden AFF Mayor Jenderal Khiev Sameth. Setelah menyukseskan PD U-20 nanti, AFF juga berencana mengajukan Indonesia dan negara- negara ASEAN untuk menjadi tuan rumah bersama untuk Piala Dunia 2034.

Sementara itu, meski otomatis lolos ke PD U-20 2021, timnas U-19 asuhan Fakhri Husaini tak mau berleha-leha. Mereka justru ingin membuktikan jika mereka layak untuk bersaing dalam kejuaraan dunia tersebut.

“Jangan mentang-mentang kami tuan rumah, kemudian tak ada kerja keras dari para pemain. Kami justru harus menunjukkan bahwa kami pantas bermain di level dunia,” ucap Fakhri.

Rangkaian menuju Piala Dunia U-20 2021 sebentar lagi dimulai. November nanti Indonesia menjadi tuan rumah kualifikasi Grup K. Menjamu Timor Leste, Korea Utara, dan Hong Kong di Jakarta.***NIZAR G/ SRI N/ M. B MARZUKI/ DANI W


 

 

 

 


Baca Juga :
- Latihan Perdana Timnas U-16 Hari Ini Diikuti Beberapa Pemain Baru
- Rapor Pemain Timnas Indonesia U-19 versus Qatar U-19

 

 

BERITA TERKAIT

Total Komentar 0
Tulis Komentar +
news
ARTIKEL SEBELUMNYA