#1
TOPSKOR   |   Harian Olahraga Pertama di Indonesia
Indonesia Harus Waspada Taktik Tekanan Tinggi Vietnam
11 October 2019 14:25 WIB
HANOI - Tim nasional Vietnam tampil luar biasa saat menghadapi Malaysia dalam laga Grup G Pra-Piala Dunia 2020 Qatar, Kamis (10/10). Tampil dengan skuat terbaik, tim asuhan pelatih Park Hang SEO tersebut sukses mengalahkan Malaysia, skor 1-0 di Stadion My Dinh, Vietnam.

Sejak peluit pertama dibunyikan, kedua tim memang berupaya untuk mendominasi permainan dengan menguasai bola lebih banyak. Mulanya Malaysia mampu mengimbangi permainan cepat Vietnam pada interval 20 menit pertama.

Namun tuan rumah kemudian mulai berhasil mengendalikan tekanan dengan bermain lebih rapat dan pressing tinggi. Alhasil para pemain Malaysia kesulitan menguasai bola dengan lebih tenang. Karena setiap kali mendapat kesempatan, ada dua hingga tiga pemain Vietnam yang melakukan pressing.


Baca Juga :
- INFOGRAFIS: Bijak, Yanto Basna Ungkap Resep Menjadi Pemain Bertahan yang Baik
- Lewati Serena Williams, Naomi Osaka Jadi Atlet Putri dengan Gaji Tertinggi di Dunia

Kian menyulitkan karena para pemain Vietnam dikenal selalu tampil full power sepanjang laga. Park Hang SEO tampaknya memang menuntut timnya untuk tidak kehilangan poin dalam laga kandang. Itu dibuktikan dengan permainan yang ofensif yang ditunjukkan dengan menggunakan formasi 3-4-3.

Poros permainan terletak dari kecerdikan para pemain Vietnam melepaskan umpan-umpan terobosan pendek maupun lambung ke kotak penalti Malaysia yang cukup mematikan. Salah satunya bahkan berbuah gol yang dicetak Nguyen Quang Hai pada menit ke-40.

“Sejak ditangani pelatih asal Korea Selatan, Vietnam memang terus berkembang sangat signifikan. Mereka salah satu tim dengan organisasi dan taktikal yang baik. Mereka juga memiliki keunggulan dalam hal ketahanan fisik dan juga kecepatan," kata Direktur Teknik PSSI Danurwindo, menyoal karakter permainan Vietnam.


Baca Juga :
- Penyerang Persita Merasa Semakin Dekat Untuk Masuk Timnas Indonesia
- Menuju Kehidupan ‘New Normal’, Menpora Minta Timnas Senior, U-16, dan U-19 Siap-siap

Namun begitu, Vietnam juga bukan tanpa celah. Bermain dengan tiga bek, ada celah untuk pasukan timnas Indonesia memanfaatkannya lewat permainan yang tak kalah agresif. Namun juga tetap harus didukung dengan kualitas individu untuk memecah kesolidan lini belakang Vietnam.

Hal itu sempat ditunjukkan Malaysia yang mampu menciptakan beberapa peluang emas. Bedanya tim asuhan Tan Cheng Hoe tidak tampil seefektif tuan rumah. Seperti diketahui, selanjutnya Vietnam akan melakoni laga tandang melawan Indonesia di Stadion Kapten I Wayan Dipta Gianyar, pada Selasa (15/10) mendatang.*FURQON AL FAUZI

BERITA TERKAIT

Total Komentar 0
Tulis Komentar +
ARTIKEL SEBELUMNYA