#1
TOPSKOR   |   Harian Olahraga Pertama di Indonesia
Tanpa Ismed dan Maman, Lini Belakang Persija Terancam Timpang saat hadapi Semen Padang
11 October 2019 15:00 WIB
JAKARTA – Persija Jakarta terancam tidak bisa diperkuat sejumlah pilarnya saat menjamu Semen Padang FC dalam lanjutan Liga 1 2019 pekan ke-23, Rabu (16/10). Setidaknya ada enam pemain utama yang diperkirakan tidak bisa bermain pada laga tersebut.

Mereka antara lain adalah Ismed Sofyan dan Maman Abdurahman. Dua bek senior Macan Kemayoran tersebut dikonfirmasi bakal mengikuti kursus kepelatihan Lisensi B AFC di Yogyakarta mulai 15 Oktober mendatang. Keduanya kemungkinan akan absen selama dua pekan berikutnya.

Ismed dan Maman pun telah meminta izin kepada manajemen untuk keperluan tersebut. "Benar pada tanggal itu Ismed sama Maman akan ikut kursus pelatih di Yogyakarta. Itu sebabnya kami harus mencari solusinya sejak sekarang. Ada beberapa pemain yang disiapkan," kata asisten pelatih Persija Antonio Claudio, Kamis (10/10).


Baca Juga :
- Baihakki Khaizan, the Jakmania, dan Persija Sebagai Cinta Pertamanya
- Jika Liga 1 2020 Dilanjut, Pelatih Persija Mau Ada Komunikasi Lebih Awal

Dalam laga internal melawan Persija U-20 Rabu lalu, pelatih kepala Edson Tavares mencoba beberapa pemain di posisi bek sayap kanan. Salah satunya adalah Al Hamra Hehanussa dan Novri Setiawan.

"Tidak menutup kemungkinan Hamra bisa menjadi solusinya. Kalau posisi Maman sedikit aman karena kami punya stok bek tengah. Ryuji juga sudah fit dan siap," Toyo melanjutkan.

Sementara empat pemain lainnya kemungkinan besar juga tidak bisa diturunkan lantaran panggilan timnas. Sebab mereka baru akan menuntaskan tugas negara setelah pertandingan kualifikasi Piala Dunia 15 Oktober mendatang. Meski begitu, peluang Andritany Ardhiyasa, Riko Simanjuntak, dan Rezaldi Hehanussa masih terbuka.

Sebab ketiganya hanya akan membela Indonesia pada laga kandang melawan Vietnam di Bali. Namun begitu, kebugaran ketiga pemain tersebut juga menjadi persoalan jika pelatih Simon McMenemy menurunkannya dalam laga tersebut. Sedangkan Rohit Chand membela timnas Nepal dalam laga tandang melawan Yordania.

Kenali Karakter

Sementara itu, pelatih anyar Persija Edson Araujo Tavares perlahan sudah mengenal karakter dari setiap pemainnya. Proses adaptasi pria asal Brasil tersebut dengan iklim sepak bola serta budaya Indonesia diakuinya berjalan lancar.

Komukasinya dengan seluruh elemen tim juga tidak mengalami kendala apa pun. "Ya dengan tim tidak bermain hampir seminggu lebih itu memberikan dia waktu lebih panjang untuk bisa mengenal lagi lebih dekat karakter dari setiap pemain," kata Toyo.


Baca Juga :
- Dua Target Mulia Penyerang Persija untuk Orangtua
- Kiat Kiper Persija Shahar Ginanjar Menanamkan Arti Puasa Ramadan kepada Anaknya

"Dia sedang mencoba memperkenalkan cara bermain sesuai apa yang diinginkan. Dia sudah melihat beberapa peri Persija sebelumnya, dan dari situ dia buat satu analisis dan sedang dia kerjakan PR itu. Sehingga nanti ketika pertandingan berjalan sesuai apa yang dia Inginkan,” mantan bek Persija itu menambahkan.*

 

BERITA TERKAIT

news
Nyaman di Harian TopSkor, Mantap di TopSkor.id
Total Komentar 0
Tulis Komentar +
news
ARTIKEL SEBELUMNYA