#1
TOPSKOR   |   Harian Olahraga Pertama di Indonesia
Usai Pengembalian Formulir, Komite Pemilihan Gelar Debat Kandidat Calon Ketua Umum PSSI
02 October 2019 14:11 WIB
JAKARTA – Tiga bakal calon Ketua Umum (Caketum) dan Wakil Ketua Umum (Waketum) PSSI pada Senin (30/9) lalu sudah secara resmi mendaftarkan diri untuk maju dalam Kongres Pemilihan PSSI. Dalam masa transisi ini pasangan Mochamad Iriawan atau Iwan Bule dan Cucu Sumantri  lebih dulu melengkapi dan mengembalikan formulir pendaftaran.

Kemudian disusul pasangan Arif Putra Wicaksono dan Doni Setiabudi serta pasangan Rahim Soekasah dan Doli Sinumba Siregar. Salah satu Caketum, Arif yang datang bersama wakilnya menyebut sudah memenuhi persyaratan yang diminta Komite Pemilihan untuk maju jadi PSSI 1 selama empat tahun ke depan.

Soal dukungan, Arif mengatakan sejauh ini sudah ada tiga member PSSI yang telah memberikan dukungan. Arif bahkan juga mengungkapkan sudah berdiskusi lebih dulu dengan salah seorang pengacara yang bekerja di Pengadilan Arbitrase Olahraga Dunia (CAS) mengenai persyaratan untuk bakal calon ketua umum PSSI.


Baca Juga :
- Ketum PSSI, Mochamad Iriawan, Pantau Langsung Hari Pertama TC Timnas U-16
- Hargai Keputusan PSSI, namun Persik Kediri Menilai Terlalu Berisiko Lanjutkan Kompetisi

“Kami sudah terkualifikasi dengan persyaratan PSSI baik dengan statuta, peraturan dan segala macamnya,” Arif menuturkan, Selasa (1/10). Sementara itu, Rahim dan Doli menunjuk Amsori Thohir sebagai ketua tim sukses untuk mengembalikan formulir pendaftaran bakal calon ketua umum dan wakil ketua umum PSSI ke Komite Pemilihan.

Meskipun saat pengembalian formulir pendaftaran ada beberapa kelengkapan dokumen yang disebut masih kurang, Amsori memastikan sudah menyelesaikannya Selasa (1/10) kemarin. Setelah resmi mendaftarkan diri, Doli mengatakan bakal langsung bergerak untuk menjemput bola dengan menemui pemilik suara. Kemudian, menyosialisasikan visi dan misi serta mencari dukungan.

Selain itu, ada pula tambahan nama-nama calon komite eksekutif yang baru. Sebelumnya pada 26 September lalu sudah terdaftar 27 nama calon Exco PSSI. Update terakhir pada Senin lalu sudah ada tambahan nama calon Exco menjadi 46 orang.

Ke depan akan ada terobosan baru yang dilakukan Komite Pemilihan dalam menuju tahapan kongres pemilihan. Mereka bakal menggelar debat terbuka untuk calon ketua umum PSSI periode 2019-2023.

Tentunya hal ini menarik untuk dilihat. Mengingat, selama ini belum pernah ada debat terbuka yang dilakukan untuk calon pemimpin induk sepak bola nasional tersebut. Secara langsung publik bisa melihat kesiapan calon tersebut sebelum memimpin PSSI.

Hal tersebut ditegaskan langsung oleh Syarif Bastaman selaku ketua Komite Pemilihan yang menyatakan akan ada masa kampanye sebelum pemilihan digelar. Dalam masa kampanye mendatang juga akan ada debat calon ketua umum dan wakil ketua umum PSSI.

"Kampanye mulai digelar pada 24 sampai 31 Oktober. Nantinya kami dan Komite Banding Pemilihan (KBP) yang mengelola masa kampayenya. Debat itu sendiri akan dilaksanakan pada awal kampanye," Syarif menegaskan.


Baca Juga :
- PSSI Ungkap Rincian Protokol Kesehatan Ketat untuk Timnas U-16, Makan dan Duduk dalam Bus Pun Diatur
- Exco PSSI: Pemerintah Siapkan Anggaran Piala Dunia U-20 Rp 600 Miliar

Komite Pemilihan menyebut bakal calon Exco PSSI periode 2019-2023 diharuskan untuk melengkapi dokumen, persyaratan, serta mengisi, dan menandatangani Formulir A-1. Juga Lembar Konfirmasi Bakal Calon, Formulir A-2 Surat Pernyataan Bakal Calon, dan Formulir Integritas untuk kemudian ditetapkan dalam Daftar Calon Sementara (DCS).

Setelah melalui tahap verifikasi, Komite Pemilihan bakal mengumumkan siapa-siapa saja nama yang bakal jadi calon Exco PSSI mulai 9-13 Oktober. Bersamaan dengan hal tersebut, KBP juga bakal menerima pengajuan permintaan dari kandidat yang melakukan banding sampai 16 Oktober.*Nizar Galang Gandhimar

BERITA TERKAIT

news
Nyaman di Harian TopSkor, Mantap di TopSkor.id
Total Komentar 0
Tulis Komentar +
ARTIKEL SEBELUMNYA