#1
TOPSKOR   |   Harian Olahraga Pertama di Indonesia
Lawan Getafe, Barca Pilih Ansu Fati atau Dembele?
28 September 2019 13:50 WIB
GETAFE – FC Barcelona akan mengunjungi Stadion Coliseum Alfonso Perez, kandang Getafe CF, dalam misi mencari kemenangan tandang pertama musim ini, Sabtu (28/9). Namun, Barca tidak akan diperkuat megabintangnya, Lionel Messi yang dibekap cedera otot. Akibatnya, pelatih Ernesto Valverde harus dipusingkan persoalan komposisi lini depannya: menurunkan salah satu dari Ansu Fati dan Ousmane Dembele, atau mengubah formasi menjadi 4-4-2.

Cederanya Messi memang menjadi masalah besar bagi Barca yang sangat bergantung kepada penyerang Argentina itu. Akibat Messi tak terlibat sejak awal musim (empat laga absen) karena cedera, tim asal Katalunya ini keteteran. Mereka kehilangan banyak poin terutama saat main di luar Camp Nou. Alhasil, Barca pun mengalami start terburuk dalam 25 tahun terakhirnya. 

Sejak pekan pertama, Valverde sudah dipusingkan dalam menyusun puzzle (teka-teki) lini depannya. Masih setia pada skema klasik Barca, 4-3-3, pelatih 55 tahun itu menjajal Dembele, Luis Suarez, dan Antoine Griezmann di pekan pertama. Namun hanya bertahan 30 menit karena Suarez pun tumbang karena cedera. Beberapa hari berselang giliran Dembele yang mengalami masalah fisik.


Baca Juga :
- Setelah Moratti, Kini Giliran Benoit Cauet yang Kaitkan Messi dengan Inter
- Barca Tidak Cemaskan Pernyataan Moratti soal Kemungkinan Inter Merekrut Messi

Namun, keduanya kini sudah pulih. Dembele bahkan diturunkan menghadapi Villarreal CF saat menggantikan Messi tengah pekan lalu. Di jornada ketujuh, winger asal Prancis itu diharapkan kembali beraksi meski banyak yang berpikir hal itu terlalu berisiko. Maka dari itu memainkan Fati menjadi alternatif yang paling aman.

Selain kondisi penyerang 16 tahun itu lebih bugar ketimbang Dembele, winger asal Guinea-Bissau ini juga tampil lebih baik ketimbang Dembele. Dalam enam laga yang sudah ia mainkan musim ini, Fati berhasil mencetak dua gol dan satu assist. Satu-satunya pertandingan yang tidak ia mainkan pada 2019/20 ini adalah laga melawan Bilbao.

Namun apabila Valverde tak yakin dengan dua opsi tersebut, maka langkah lain yang bisa diambil adalah dengan mengganti formasi ke 4-4-2. Dengan Formasi ini pelatih kelahiran Viandar de la Vera, Spanyol tersebut bisa mengganti peran sayap dengan menambah komposisi gelandang di tengah. Kemudian di depan meninggalkan dua penyerang: Suarez dan Griezmann.

Bagi tim tamu, absennya Messi jelas kabar gembira tapi pelatih Getafe justru sebaliknya. “Sebagai pecinta sepak bola saya mengharapkan Messi bermain. Messi adalah yang terbaik di dunia dan bagi Barcelona ia adalah pemain penting, juga bagi LaLiga,” ujar Bordalas yang berhasil membuat timnya tak terkalahkan di kandang musim ini.

Bordalas juga mengatakan bila timnya sedang dalam kondisi baik usai mengalahkan RCD Mallorca (4-2) dan mengimbangi Valencia CF (3-3) di Mestalla. Kendati demikian, juru taktik berusia 55 tahun ini mengeluhkaan karena hanya memiliki waktu persiapan minim untuk melakoni laga melawan Barcelona.

“Kami telah bermain dalam level yang tinggi dengan mereka. Mencetak gol ke gawang tim besar itu penting, dan sebagai pelatih saya tidak pernah memikirkan hasil imbang. Saya selalu menyiapkan laga untuk menang,” tuturnya.*** GOGOR HAKIM DARI BERBAGAI SUMBER
 


Baca Juga :
- Fantastis! Barcelona Siap Gandakan Gaji Lautaro Martinez
- Meski Performa Anjlok, Arthur Tidak Akan Dijual, Begini Penjelasannya

 

 

BERITA TERKAIT

Total Komentar 0
Tulis Komentar +
news
ARTIKEL SEBELUMNYA