#1
TOPSKOR   |   Harian Olahraga Pertama di Indonesia
Liverpool Raih Sukses Awal Musim Ini berkat Bantuan Peselancar
23 August 2019 14:05 WIB
JUERGEN Klopp benar-benar serius mempersiapkan Liverpool FC untuk mengarungi 2019/20. Pencapaian musim lalu dan kesuksesan menjuarai Liga Champions tak membuat pelatih asal Jerman itu terlena. Ia sadar masih ada misi besar yang harus dilakukan, yakni membawa The Reds menjadi kampiun Liga Primer.

Klopp merasa musim ini akan menjadi momen tepat dalam mewujudkannya. Pasalnya, Liverpool telah memiliki skuat yang sempurna di semua lini untuk bisa menghentikan dominasi Manchester City FC. Sejauh ini, semua berjalan lancar untuk The Reds. Mereka menang dalam dua laga awal dan untuk sementara memuncaki klasemen.

Kesuksesan awal ini tentu tidak lepas dari persiapan yang dilakukan Klopp sepanjang musim panas lalu. Salah satunya dengan merekrut Sebastian Steudtner saat Mohamed Salah dan kawan-kawan menjalani pemusatan latihan di Evian di sebelah tenggara Prancis pada akhir Juli lalu.


Baca Juga :
- Sadio Mane Mengaku Ikhlas Jika Liga Primer Dibatalkan dan Liverpool Urung Jadi Juara
- Presiden UEFA: Liga Primer Dilanjutkan atau Tidak, Liverpool Harus Jadi Juara

Tujuan Klopp mendatangkan peselancar profesional Jerman itu menarik perhatian. Tentu bukan tanpa maksud sang pelatih mengundang kompatriotnya tersebut datang. Ia meminta Steudtner membantunya untuk dapat membuat para pemain Liverpool mampu mengatur emosi serta mental mereka.

Cara yang digunakan Steudtner terbilang unik. Peselancar 34 tahun itu tidak menerapkan metodenya di darat, melainkan di dalam air. Salah satunya dengan meminta seluruh anggota skuat The Reds menahan napas di dalam air selama mungkin. Awalnya, sebagian besar mampu melakukannya selama 50 detik.

Namun setelah setengah jam, beberapa pemain berhasil bertahan hingga tiga menit. Pendekatan ini membuktikan bahwa tubuh setiap orang memiliki kemampuan untuk meningkatkan diri melalui adaptasi dengan hal dan cara yang berbeda. Metode tersebut juga membuat pasukan Klopp belajar mengendalikan kepanikannya.

Steudtner sendiri mengaku senang bisa membantu Liverpool mempersiapkan diri menghadapi musim baru. “Saya hanya berbagi pemikiran kepada mereka, bagaimana saya menjalani hidup, meningkatkan performa dalam menggeluti selancar,” ujar Steudtner terkait pengalamannya bersama The Reds.

Ia mengaku juga banyak belajar dari kesempatan yang diberikan Klopp itu. “Kami menemukan terdapat banyak kesamaan pada dua olah raga ini. Dalam sepak bola, ada banyak situasi ekstrem dan berlangung sangat cepat yang mungkin saja berbahaya. Dalam selancar hal itu juga kerap terjadi. Bedanya, ini bukan olah raga tim.”

Steudtner, berasal dari Nuremberg, Jerman, dikenal sebagai peselancar dengan mental luar biasa. Pada 2015, ia mejuarai XXL Biggest Wave setelah sukses mengendarai ombak setinggi 21,6 meter di pantai Nazare, Portugal. “Saya kagum dengan Juergen (Klopp). Dia pelatih cerdas dan selalu berpikir di luar kotak,” kata Steudtner.*        

 

         


Baca Juga :
- Serunya Pesepak Bola Nasional Beradu Skill dengan Pemain Pro PUBG Mobile
- Inilah Klub-klub yang Paling Dirugikan jika Kompetisi Musim Ini Dibatalkan karena Wabah Corona

 

 

BERITA TERKAIT

Total Komentar 0
Tulis Komentar +
ARTIKEL SEBELUMNYA