#1
TOPSKOR   |   Harian Olahraga Pertama di Indonesia
news
WAWANCARA EKSKLUSIF SIMON MCMENEMY: Itu Mengapa Saya Menunda Pengumuman Skuat Timnas
13 August 2019 12:51 WIB
BINH DUONG - Sudah enam bulan Simon McMenemy mengarsiteki timnas senior Indonesia. Sudah tiga pertandingan internasional dijalani (tidak termasuk laga uji coba di Australia). Namun hasilnya belum begitu memuaskan. Nahasnya lagi, sejumlah pilar timnas Indonesia malah dibekap cedera menjelang laga Pra-Piala Dunia 2022 sekaligus Pra-Piala Asia 2023.

Adapun lawan pertama Indonesia dalam babak kualifikasi ini adalah Malaysia, pada 5 September mendatang. Bagaimana pria Skotlandia ini mempersiapkan kekuatan tim? Berikut wawancara TopSkor di Hotel Becamex New City, kemarin:

 


Baca Juga :
- WAWANCARA EKSKLUSIF bersama Mahmoud Eid
- Djanur: Umainalo dan Abdul Rahman ke Barito, Itu Saja Dulu Bocorannya

Dalam rangka apa ke Vietnam?

Minggu lalu saya pergi ke Thailand dan menonton timnas U-15. Saya juga menyaksikan pertandingan Liga Thailand. Saya ingin melihat langsung perkembangan sepak bola Thailand, bagaimana cara mereka bermain, bagaimana kondisi fisik pemain Thailand dalam kompetisi.

Saya dan Yeyen (Tumena) mendapatkan banyak gambaran dalam kunjungan ini, walau hanya melihat satu pertandingan. Hal sama akan saya lakukan selama berada di Vietnam.

Dukungan untuk tim Fakhri?

Saya sudah enam bulan menjadi pelatih timnas Indonesia. Sebelumnya saya mendukung tim asuhan Indra Sjafri di Kamboja (Piala AFF U-23 2019), juga sudah mendukung Bima Sakti (Piala AFF U-15 2019), dan sekarang saatnya saya mendukung Fakhri Husaini (Piala AFF U-18 2019). Saya harus mendukung semua level usia timnas. Saya mendukung semuanya semampu yang saya bisa.

Apa yang didapat dari kompetisi Vietnam?

Tadi malam (Minggu, 11 Agutus 2019) saya telah menyaksikan Liga Vietnam, antara Saigon melawan Becamex Binh Duong. Sangat menarik pertandingannya (Binh Duong unggul 1-0). Kami jadi mendapatkan beberapa ide tentang pemain Vietnam, bagaimana mereka bermain, kekuatan fisik mereka, dan seperti apa kecepatan mereka.

Apa pemain Indonesia dalam kondisi terbaik?

Huuuh (membuang napas panjang). Ini hanya pendapat saya saja. Terlalu banyak pertandingan (dalam satu pekan). Itu mengapa saya menunda mengumumkan daftar pemain yang saya panggil (untuk laga uji coba), sebab beberapa pemain dalam kondisi cedera. Greg (Nwokolo), Dedik (Setiawan), Yama (Hansamu), dan beberapa lainnya. Beberapa pemain yang selalu saya panggil sedang dalam kondisi tidak baik. Saya harus memastikan ke pemain apakah mereka fit atau tidak. Mereka bertandingan setiap tiga hari sekali. Itu yang membuat pemain mudah mengalami cedera. Hanya bisa pemulihan (kondisi setelah pertandingan sehari dua hari), itu tidak cukup. Itu yang mengakibatkan cedera. Jadwal (kompetisi) selalu jadi masalah.

Kondisi yang sulit ya…

Ketika saya memanggil pemain, mereka dalam kondisi yang lelah. Bukan lelah setelah menjalani latihan, sebelum berlatih pun mereka sudah dalam kondisi lelah. Jadi, saya harus punya cara untuk meningkatkan kondisi mereka ke posisi yang lebih baik. Ini yang sedang kami bahas, bagaimana strategi agar pemain datang ke dalam latihan (timnas) dengan kondisi baik. Kami pikir kami harus memotivasi mereka dan membuat mereka punya pikiran segar. Saya harus membuat mereka bugar kembali. Strategi inilah yang harus kami pikirkan jalannya.

Dengan situasi ini, tetap bisa bersaing dalam kualifikasi?

Saya optimistis kami bisa menang dalam persaingan (Grup G). Kami akan menjalani pertandingan-pertandingan yang ketat, terutama sekali pertandingan melawan UEA. Laga tandang ke UEA akan berat. Sejarah mencatat Indonesia selalu kesulitan setiap ketemu UEA.


Baca Juga :
- Tibo Diburu Klub Papan Atas Liga 1, Malaysia, dan Thailand
- Mengenal Shin Taeyong, Pelatih yang Pernah Kalahkan Indonesia 4-0 di GBK

Ini ada kaitannya dengan mentalitas pemain Indonesia. Tetapi saya pikir kami akan bisa tampil dengan lebih baik nantinya. Kami terus merancang yang terbaik untuk setiap pertandingan (kualifikasi). Ini akan menjadi pertandingan-pertandingan yang menarik bagi seluruh masyarakat Indonesia.* ABDUL SUSILA DARI VIETNAM

 

loading...

BERITA TERKAIT

Total Komentar 0
Tulis Komentar +
ARTIKEL SEBELUMNYA