#1
TOPSKOR   |   Harian Olahraga Pertama di Indonesia
JKA Indonesia Siap Hadapi Kejuaraan di Thailand
12 August 2019 12:18 WIB
JAKARTA – Sebanyak 26 karateka Indonesia bakal turun dalam ajang Japan Karate Association (JKA) 2nd Asia Oceania Karate Championship Tournament di Thailand, 17-18 Agustus. Budi Santoso Saroyo selaku Ketua Umum JKA Indonesia mengatakan semua atlet telah mempersiapkan diri dengan baik. 

Mereka akan bersaing dengan peserta yang berasal dari 14 negara lainnya. Merujuk pada peta persaingan, Budi mengatakan peluang Indonesia untuk meraih prestasi dalam ajang tersebut sangat terbuka. 

Berkaca dari kejuaraan yang sama pada 2015 lalu, Indonesia juga mengirim belasan wakil. Hasilnya, JKA Indonesia sukses membawa tiga medali dengan rincian satu emas dan dua perunggu. 
Budi mengatakan ajang ini juga merupakan salah persiapan JKA Indonesia sebelum tampil dalam kejuaraan dunia, Funakoshi Gichin World Championship Tournament tahun depan. Menurut Budi gelaran yang diikuti negara di Asia dan Oceania ini bakal menjadi tolok ukur kekuatan dan hasil latihan selama ini. 


Baca Juga :
- Di Tengah Pandemi Corona, Gadis Sumsel Ini Bangga Raih Perak Kerjurnas Karate Virtual
- Indonesia Perlu Bentuk Gugus Tugas Penyelamatan Olahraga Nasional

“Persaingan bakal ketat. Sebab, pada Asia Oceania Karate Championship Tournament juga diikuti Jepang yang merupakan negara asal olahraga beladiri ini. Jadi bisa dikatakan bahwa kejuaraan kali ini bisa menjadi acuan untuk kejuaraan dunia,” kata Budi. 

Di kejuaraan dunia 2017 lalu, JKA Indonesia juga mengirim sebanyak tiga atlet ke Dublin, Irlandia. Ketika itu, prestasi atlet Tanah Air cukup baik dengan masuk lima besar melalui Axel Hendy Putra pada nomor Kata Putra usia 16-18. Selain itu, untuk Kata Putra usia 15, Adriel Hafiz Isnaeni menempati urutan enam. 

Berbekal pengalaman tersebut, JKA Indonesia ingin menunjukkan karate di Tanah Air terus mengalami perkembangan. 

Adapun di Thailand, sebanyak 26 karaketa akan tampil masing-masing pada nomor Kata dan Kumite individual dan beregu kelompok usia Junior (9-21 tahun), serta Kata dan Kumite individual dan beregu kelompok umur Senior dan Veteran. 

Selain menggelar turnamen, di Thailand juga akan ada seminar teknik (gashuku) dilanjutkan dengan ujian DAN, lisensi pelatih, wasit dan juri pada 15 Agustus. Satu hari setelahnya, perwakilan negara anggota JKA/WF Asia Oceania akan bertemu. 


Baca Juga :
- Tetap Aktif di Masa Pandemi, PB Lemkari Anton Lesiangi Gelar Coaching Clinic Online Pelatihan Karate Tingkat Nasional 2020
- Medali Emas SEA Games 1991 Prestasi Terbaik Herrie Setyawan bersama Timnas Indonesia

Kemudian turnamen karate yang mempertandingkan nomor Kata dan Kumite individual dan beregu akan mulai digelar pada hari Sabtu, (17/8) untuk kategori Junior dan Minggu, (18/8) untuk kategori Senior dan Veteran.

“Secara organisasi, ini bentuk partisipasi kami sebagai bagian dari JKA dan JKA World Federation (WF), di mana JKA Indonesia termasuk dalam region Asia Pasifik/Oceania. Bagi pelatih dan karateka JKA Indonesia, event ini adalah kesempatan terbaik untuk menguji dan mengembangkan prestasi, teknik dan potensi dari atlet di ajang internasional,” kata Budi. ***

BERITA TERKAIT

Total Komentar 0
Tulis Komentar +
news
ARTIKEL SEBELUMNYA