#1
TOPSKOR   |   Harian Olahraga Pertama di Indonesia


Merekrut Bek Berkualitas Jadi Keharusan bagi Emery
15 July 2019 14:44 WIB
LOS ANGELES – Masalah sepertinya terus menghampiri pelatih Arsenal FC Unai Emery. Minimnya dana transfer telah memaksa pria asal Spanyol itu memutar otak dalam merekrut pemain. Kini ia dipusingkan dengan problem di sektor pertahanan. Penolakan bek sekaligus kapten Laurent Koscielny untuk mengikuti tur pramusim The Gunners ke Amerika Serikat (AS), membuat lini belakang patut jadi fokus utama pembenahan.

Emery mungkin harus melupakan keinginannya memboyong Wilfried Zaha ke Emirates. Anggaran 45 juta paun (sekitar Rp793 miliar) yang disediakan petinggi klub musim panas ini perlu digunakan untuk mendatangkan bek berkualitas. Pasalnya, pertahanan adalah titik kelemahan Arsenal. Pada 2018/19, The Gunners kebobolan 71 gol dalam 58 laga. 51 di antaranya terjadi di Liga Primer.

Itu merupakan salah satu faktor yang membuat mereka finis di peringkat kelima. Ini memperlihatkan Arsenal tidak punya pertahanan solid. Bandingkan dengan dua tim yang finis di atas The Gunners, Chelsea FC dan Tottenham Hotspur FC yang cuma kemasukan 39 gol di liga domestik musim lalu. Artinya, Emery perlu mendatangkan bek tangguh jika ingin bersaing menembus empat besar Liga Primer 2019/20.    


Baca Juga :
- 4 Gol Son dan 4 Assist Kane, Tottenham Pukul Southampton 5-2
- Siaran Langsung Liga Primer NET TV dan Mola TV: Southampton vs Tottenham, Malam Ini Pukul 18.00 WIB

Saat ini, Arsenal punya pilihan bek yang terbilang melimpah. Namun kemungkinan jumlahnya akan berkurang mengingat Koscielny dan Nacho Monreal ingin hengkang. Selain itu, tidak semua bisa diandalkan. Shkodran Mustafi sering blunder, Calum Chambers belum konsisten, Carl Jenkinson dan Konstantinos Mavropanos tak bisa dipercaya, sementara Hector Bellerin serta Rob Holding rentan cedera.

Arsenal sendiri diketahui tengah berupaya merampungkan transfer bek muda William Saliba dari AS Saint Etienne dan bek kiri Kieran Tierney dari Celtic FC. Kabar teranyar menyebutkan The Gunners tertarik merekrut bek andalan SL Benfica Ruben Dias. Permasalahannya, klub raksasa Portugal tersebut tidak mau kehilangan sang pemain. Kendati begitu, masih ada cara untuk Arsenal bisa mendaratkannya di Emirates.

Namun mereka harus mengevaluasi anggaran transfernya agar bisa menebus klausul pelepasan Dias dari Benfica sebesar 54 juta paun. Pasalnya, mendapatkan dana tambahan dari hasil penjualan pemain tidak bisa diharapkan. Sejauh ini Arsenal kesulitan menemukan calon pembeli untuk pemain-pemain yang tidak masuk rencana Emery seperti Mustafi, Mesut Oezil, atau Granit Xhaka.

Ada solusi lain yang bisa coba dilakukan Arsenal, yakni memburu bek yang tidak memiliki klub musim panas ini, salah satunya Dani Alves. Bek kanan asal Brasil itu berstatus free agent setelah kontraknya bersama raksasa Prancis Paris Saint Germain FC (PSG) berakhir, bulan lalu. Namun Emery harus bekerja keras untuk meyakinkannya untuk bergabung ke Emirates.

Seperti diketahui, kubu Manchester City FC juga berminat memboyong pemain 36 tahun tersebut. The Citizens jelas memiliki daya tarik lebih bagi Alves karena akan tampil di Liga Champions musim depan. Tetapi ia diyakini hanya diproyeksikan sebagai opsi pelapis oleh pelatih Josep “Pep” Guardiola. Ini bisa dimanfaatkan Emery dengan menjanjikan posisi starter bagi Alves di London Utara.

Arsenal telah memulai pemusatan latihan di Los Angeles, AS pada Minggu (14/7) pagi. Emery memimpin langsung sesi yang diikuti mayoritas skuat, termasuk striker Pierre-Emerick Aubameyang dan Alexandre Lacazette itu. The Gunners akan melakoni uji coba perdana di Negeri Paman Sam dengan menghadapi Colorado Rapids, Senin (15/7) ini.***

Daftar Bek Incaran Arsenal*
Ruben Dias (22 tahun, Benfica)
Total laga: 55
Timnya kebobolan: 56 gol

William Saliba (18 tahun, St Etienne)
Total laga: 19
Timnya kebobolan: 21 gol

Kieran Tierney (22 tahun, Celtic)
Total laga: 40
Timnya kebobolan: 23 gol

Dani Alves (36 tahun, Tanpa klub)
Total laga: 32
Timnya kebobolan: 37 gol

*Statistik pada 2018/19.


Komposisi Bek Arsenal Saat Ini*
Sokratis Papastathopoulos
Total laga: 40
Timnya ebobolan: 50 gol

Shkodran Mustafi
Total laga: 40
Timnya kebobolan: 60 gol

Nacho Monreal
Total laga: 36
Timnya kebobolan: 41 gol

Sead Kolasinac
Total laga: 36
Timnya kebobolan: 47

Calum Chambers
Total laga: 33
Timnya kebobolan: 60 gol

Laurent Koscielny
Total laga: 29
Timnya kebobolan: 43 gol

Hector Bellerin
Total laga: 19
Timnya kebobolan: 24 gol

Rob Holding
Total laga: 16
Timnya kebobolan: 14 gol

Carl Jenkinson
Total laga: 8
Timnya kebobolan: 6 gol

Konstantinos Mavropanos
Total laga: 4
Timnya kebobolan: 7 gol


Baca Juga :
- Siaran Langsung Liga Primer Mola TV: Chelsea vs Liverpool Malam Ini Pukul 22.30 WIB
- Arsenal Pertahankan Rekor 100 Persen Kemenangan, Arteta Puji Kekuatan Mental

*Statistik pada 2018/19.

 

BERITA TERKAIT

Total Komentar 0
Tulis Komentar +
ARTIKEL SEBELUMNYA