#1
TOPSKOR   |   Harian Olahraga Pertama di Indonesia
La Masia Meredup, untuk Kali Pertama Spanyol Tanpa Pemain Barca di Kompetisi Eropa
17 June 2019 19:01 WIB
REGGIO NELL'EMILIA – Piala Eropa U-21 sedang berlangsung di Italia dan San Marino. Diikuti oleh 12 kontestan dan berlangsung pada 16-30 Juni. Ini kompetisi yang sangat menarik lantaran bintang muda dari seantero Eropa bisa dilihat aksinya di ajang ini. Dari perhelatan inilah tim-tim di Eropa fokus memerhatikan pemain incaran mereka.

Ada yang menarik dari salah satu kontestan di ajang itu yaitu timnas Spanyol U-21. Di laga pertama, mereka sudah kalah 1-3 oleh Italia U-21. Melihat semua pemain yang dibawa pelatih Luis De La Fuente, tak ada satu pun pemain FC Barcelona. Ini untuk kali pertama Spanyol ikut kompetisi Eropa tanpa pemain Barca.

Penyebabnya pun jelas, tak ada pemain usia muda dari Akademi La Masia yang dipanggil De La Fuente. Sebuah akademi sepak bola dengan reputasi mentereng itu saat ini tak bisa ikut berpartisipasi membantu Spanyol di Piala Eropa U-21. Ini kemunduran sistematis La Masia yang ada pengaruhnya juga dari tim senior Barca.


Baca Juga :
- Jadon Sancho Segera Merapat ke MU, Langsung Pakai Bekas Nomornya Alexis Sanchez
- Saran Bagus untuk Solskjaer, Bagaimana Caranya Pangkas Jarak dengan Liverpool-Man City

Sepeninggal Josep Guardiola, Barca seakan menyetop pengambilan pemain yang merupakan jebolan Akademi La Masia. Utamanya di era Luis Enrique yang hanya mengentaskan Sergi Roberto seorang. Selebihnya, Barca gemar membeli pemain dari luar. Barulah di era Ernesto Valverde, beberapa nama mulai dimasukkan macam Carles Alena dan Riqui Puig.

Kemungkinan, Enrique tak mau berspekulasi memakai pemain akademi lantaran target yang diembannya terlalu berat. Membeli pemain mahal yang hasilnya belum tentu bagus jadi opsi. Bahkan, pemain di usia lanjut pun juga didatangkan. Akhirnya, tak ada pemain La Masia yang punya kesempatan memperlihatkan kemampuan dan terlewatkanlah ajang ini.*

BERITA TERKAIT

D
BarC4!
Total Komentar 0
Tulis Komentar +
news
ARTIKEL SEBELUMNYA